Pertamina MOR VI Kaltim Siapkan 765 KL BBM

Editor: Koko Triarko

Ilustrasi -Dok: CDN

BALIKPAPAN – Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VI, meningkatkan stok BBM dalam mempersiapkan libur panjang Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Untuk wilayah Kalimantan Timur, Pertamina menyiapkan 765 KL per hari produk BBM jenis gasoline, seperti Pertalite. Jumlah itu naik 4 persen dari rata-rata harian normal.

Sedangkan stok Pertamax naik 5 persen menjadi 158 KL per hari konsumsi normal. Tak ketinggalan juga produk subsidi, yakni Premium, ditambah 6 persen, sehingga menjadi 955 KL per hari.

Berbeda dengan jenis BBM gasoline, BBM jenis gasoil yang digunakan untuk kendaraan bermesin diesel seperti solar, trennya akan cenderung stabil dengan rata-rata konsumsi harian sejumlah 613 KL.

Begitu pula dengan bahan bakar pesawat udara avtur yang diestimasi berada pada angka normal, dengan konsumsi harian sebesar 400 KL.

Peningkatan konsumsi avtur maupun produk BBM lainnya, diprediksi meningkat signifikan pada H-3 Natal dan H-4 Tahun Baru.

Tidak jauh berbeda dengan produk BBM, Pertamina juga telah menyiapakan antisipasi kenaikan konsumsi produk LPG berbagai ukuran.

Melihat tren konsumsi pada tahun lalu, kenaikan konsumsi LPG diperkirakan mencapai angka 5 persen, atau sekitar 338 MT per hari untuk ukuran 3 Kg, 95.7 MT per hari untuk LPG nonsubsidi ukuran 5.5 Kg dan 12 Kg.

Lihat juga...