Perupa Muntok Mural Lorong Kampung Petenun

177
Ilustrasi mural - Dok CDN

MUNTOK – Sejumlah pegiat seni rupa di Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar kegiatan mural atau melukis dinding. Yang menjadi sasaran adalah lorong menuju Kampung Petenun.

Mural atau gambar yang diangkat dalam kegiatan tersebut, bertema motif tenun cual. “Kami tampilkan motif dan aktivitas penenun tua, dalam karya mural atau lukisan dinding ini untuk mengingatkan kembali warga Muntok bahwa dahulu pernah menjadi penghasil tenun kualitas bagus,” kata perupa Anung Yunianto.

Kegiatan mural diikuti sejumlah perupa dari kelompok Rindudendam, bersama para pegiat seni rupa dari Dewan Kesenian Bangka Barat dan sejumlah pelajar di daerah itu. Kegiatan mural bersama tersebut, menjadi salah satu bentuk kepedulian para perupa dan Dewan Kesenian Bangka Barat, untuk memperindah suasana Kota Muntok.

Harapannya, karya tersebut, bisa mendukung geliat kepariwisataan yang sedang berkembang di daerah tersebut. “Karya mural dengan konsep motif cual dan aktivitas penenunan kain lokal itu cukup tepat ditempatkan di lorong menuju Kampung Petenun, kami berharap sumbangsih bersama itu dapat diterima masyarakat,” katanya.

Penggarapan mulai dari konsep, desain hingga eksekusi pengecatan, dilakukan secara bersama-sama. Hal itu  menjadi upaya untuk kembali menumbuhkan semangat gotong royong, di kalangan pegiat seni rupa dan warga yang terlibat dalam kegiatan itu. Karya bertemakan budaya lokal, sengaja ditampilkan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan kekayaan seni dan budaya lokal yang bernilai tinggi. Masih banyak potensi lokal yang bisa dieksplorasi lebih dalam. untuk menghasilkan karya seni.

“Kami sengaja tidak mengangkat kritik sosial dan politik dalam karya bersama ini agar tidak ada yang merasa tersakiti dan bisa diterima seluruh pihak demi kemajuan pariwisata daerah,” pungkasnya. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...