Petugas Khusus Siaga di Wisata Pantai Garut

Ilustrasi -Dok: CDN

GARUT – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, menyiagakan petugas khusus di kawasan wisata pantai di daerah itu, untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan serta mengantisipasi berbagai bahaya kecelakaan laut di lokasi wisata.

“Balawista atau petugas penjaga pantai disiagakan, berkenaan pengamanan objek wisata di beberapa lokasi yang rawan terjadinya kecelakaan laut,” kata Kepala Pelaksana BPBD Garut, Dadi Djakaria, di Garut, Senin (24/12/2018).

Ia menuturkan, petugas yang berjaga di pantai itu berkoordinasi dengan jajaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Satuan Polisi Airud Polres Garut, dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkompimcam) setempat.

Jajarannya juga mengoptimalisasi pemanfaatan alat peringatan tsunami atau early warning system (EWS), yang dipasang di sejumlah tempat, termasuk di tempat rawan banjir Sungai Cimanuk.

Ia menyampaikan, kawasan wisata di Garut aman bagi masyarakat, termasuk wisatawan yang berkunjung ke pantai Garut.

“Aman kondusif,” kata Dadi, saat ditanya tentang keamanan bagi wisatawan di pantai.

Namun, Dadi mengimbau wisatawan untuk selalu waspada terhadap berbagai ancaman bahaya bencana di kawasan pantai. Jika melihat permukaan air laut berkurang secara drastis, sebaiknya mereka menjauhi pantai dan menyelamatkan diri ke dataran tinggi untuk menghindari bahaya terjangan ombak besar.

Terkait adanya penyebaran imbauan secara tertulis tentang laut Selat Sunda yang kurang baik, kata Dadi, BPBD Garut tidak menyebarkannya melalui lembaran kertas maupun media sosial.

“BPBD tidak mengeluarkan imbauan tersebut,” katanya. (Ant)

Lihat juga...