PLN Kaltimra Siagakan 704 petugas Selama Natal dan Tahun Baru

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

656

BALIKPAPAN — PLN Unit Induk Wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara (PLN UIW Kaltimra) menyiagakan 704 petugas yang tersebar di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. Petugas yang tergabung dalam pasukan siaga ini dibentuk guna menjaga pasokan listrik selama perayaan Natal 2018 dan tahun baru 2019 berlangsung.

Sedikitnya 26 posko siaga Natal dan Tahun Baru dibuka untuk menjamin keandalan pasokan listrik di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara, utamanya pada tempat ibadah dan pusat keramaian masyarakat selama Natal dan Tahun Baru 2019.

“Posko ini dibuka mulai 18 Desember hingga 8 Januari 2019,” kata General Manager PLN Wilayah Kaltimra, Riza Novianto Gustam.

Lebih lanjut, Riza Novianto mengatakan, listrik selama perayaan Natal dan Tahun Baru 2019 harus handal agar tidak mengganggu kegiatan ibadah dan kegiatan masyarakat lainnya.

PLN menyiagakan tim agar apabila terjadi gangguan yang sifatnya emergency, dapat segera bergerak dengan tanggap untuk mengatasinya.

“Namun, kita sama-sama berharap kondisi kelistrikan aman dan handal selama Natal dan Tahun Baru ini, juga untuk seterusnya,” kata Riza.

Sementara menyinggung soal kondisi sistem kelistrikan yang menyuplai pelanggan, Riza mengatakan bahwa melalui Sistem Interkoneksi Kalimantan, suplai listrik untuk pelanggan dipastikan cukup. Dengan daya mampu 1406 MW dan prediksi beban puncak pada 25 Desember adalah 1040 MW.

Sedangkan pada malam pergantian tahun, diperkirakan beban puncak akan berada pada kisaran 1.028 MW. Dengan demikian, masih ada cadangan daya yang menjamin kecukupan suplai bagi pelanggan, apabila sewaktu-waktu terdapat gangguan dari sisi pembangkit.

“Secara cadangan sudah dipastikan cukup. Kelancaran distribusinya kepada pelanggan kami jaga melalui tim siaga yang kami bentuk tadi. Selain itu, kami juga menyediakan cadangan mobile genset pada beberapa titik gereja untuk kelancaran beribadah bagi masyarakat yang merayakan hari besar ini,” terang dia.

Memasuki minggu ketiga di bulan Desember ini, masing-masing kantor Unit Pelaksanan Pelayangan Pelanggan dibawah PLN UIW Kaltimra yakni di Balikpapan, Samarinda, Bontang, Berau dan Tarakan, juga kantor layanan di bawahnya telah melakukan gelar pasukan dan peralatan yang diikuti oleh tim siaga.

Tim siaga terdiri dari petugas pelayanan teknik, petugas pemeliharaan dalam keadaan bertegangan (PDKB), serta petugas pengatur distribusi.

Lebih lanjut Riza mengatakan bahwa PLN Kaltimra meniadakan kegiatan pemeliharaan jaringan listrik selama momen perayaan Natal dan Tahun Baru 2019 agar tidak mengganggu distribusi listrik ke pelanggan.

“Proses pemeliharaan jaringan telah usai sebelum memasuki minggu ketiga bulan Desember. Tim sudah melakukan inspeksi dan melakukan pekerjaan perbaikan dan pemeliharaan pada jaringan yang menyuplai listrik untuk rumah-rumah pelanggan. Ini upaya kami agar meminimalisir gangguan-gangguan yang mungkin bisa terjadi,” tambahnya.

Untuk kenyamanan pelanggan dan kemudahan mendapat akses informasi seputar layanan kelistrikan, Riza mengimbau kepada masyarakat untuk aktif menghubungi Contact Center PLN 123 apabila membutuhkan layanan seputar kelistrikan, termasuk melaporkan gangguan apabila terjadi padam, agar petugas bisa menindaklanjuti dengan segera.

Pelanggan juga bisa mendatangi posko siaga terdekat yang tersebar di Balikpapan, Samarinda, Bontang, Berau dan Tarakan. Segala bentuk keluhan dan laporan akan ditangani oleh petugas.

Baca Juga
Lihat juga...