PLN Pasok Listrik 350 KW untuk Pulau Sembilan

Ilustrasi Dok: CDN

MEDAN – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) persero, Unit Induk Wilayah Sumatera Utara, menyediakan tiga mesin Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) untuk menerangi kawasan pulau terluar Sumut di Langkat yaitu, Pulau Sembilan.

PLTD yang disediakan, memiliki total daya sekira 350 Kilo Watt (KW). “Dengan beban puncak mencapai 120 KW, maka penduduk Pulau Sembilan yang mayoritas bekerja sebagai nelayan, bisa menikmati listrik hingga 24 jam,” ujar General Manager PT PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumut, Feby Joko Priharto, Rabu (19/12/2018).

Dari catatannya, ada 455 pelanggan PLN di Pulau Sembilan. Mereka berada di wilayah Kecamatan Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat. “Pulau Sembilan merupakan salah satu pulau yang dilistriki PLN menggunakan PLTD, karena kawasan itu tidak tergabung dalam sistem integrasi Sumatera,” jelasnya.

Feby menegaskan, pemerataan listrik hingga ke seluruh wilayah, merupakan perwujudan salah satu program Nawacita yang dicanangkan Presiden Jokowi. “Dengan tersedianya suplai listrik selama 24 jam, masyarakat diharapkan akan lebih mudah mendapat dan memanfaatkan listrik, sehingga industri dan bisnis masyarakat juga turut berkembang.” ujarnya.

PLN berharap, pelanggan tidak menjadi hanya sekadar menjadi konsumen. Tetapi juga bisa menjadi produsen dengan memanfaatkan listrik ada dalam kegiatan sehari-hari. Seperti membangun gudang pendingin yang diperlukan nelayan.

Kepala Bappeda Kabupaten Langkat, Sujarno, menyebut, listrik yang sudah bisa menyala hingga 24 jam adalah sebuah kabar menggembirakan. Selama ini, listrik hanya menyala 12 jam sehari, mulai dari pukul 18.00 WIB hingga 06.00 WIB. “Dengan ketersediaan listrik 24 jam, maka dipastikan masyarakat sangat terbantu baik dalam aktivitas sehari-hari hingga bisnis,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...