Polisi Wamena Amankan Lampu Bantuan Kementerian ESDM

Ilustrasi

WAMENA – Sebanyak 12 karton berisi lampu tenaga surya, bantuan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk warga Papua hendak dibawa ke luar Papua. Beruntung praktek ilegal tersebut, berhasil digagalkan anggota Polsek Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KP3) Bandara Wamena.

Kapolsek KP3 Bandara Wamena, Ipda Enceng Kurniadi, mengatakan, pihaknya melakukan penindakan, karena barang bukti lampu tersebut, khusus untuk masyarakat Papua. Berdasarkan informasi yang diterima kepolisian, lampu-lampu yang diberikan Kementerian ESDM khusus untuk masyarakat asli Papua. Namun, dijual oleh masyarakat kepada orang lain. “Lampu solar cell ini diperuntukan khusus di Papua dari Kementerian ESDM, sesuai dengan program Nawacita dari Presiden, sehingga tidak bisa dibawa keluar dari Papua,” tegasnya, Sabtu (15/12/2018).

Menurutnya, lampu-lampu tersebut tidak seharusnya dijual. Karena pada dasarnya, bantuan tersebut bersifat hibah kepada masyarakat Papua. “Walau mereka menyatakan membeli lampu tersebut, tidak diperkenankan untuk dibawa keluar dari Papua, karena lampu ini khusus diberikan secara gratis dari pemerintah pusat dan tidak diperjualbelikan,” tegasnya.

12 karton lampu tenaga surya itu dijual oleh masyarakat dari Kabupaten Tolikara, Lanny Jaya, dan Jayawijaya. Lampu langsung dijual setelah mereka menerima dari pemerintah. “Yang membawa lampu tersebut langsung berangkat sehingga kami hanya mengamankan barangnya,” pungkas Ipda Enceng Kurniadi. (Ant)

Lihat juga...