Polres Banyumas Musnahkan Ribuan Botol Miras Hasil Operasi Desember

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

PURWOKERTO — 2.725 botol minuman keras (miras) serta jenis ciu 319 liter dan minuman jenis tuak 604 liter dimusnahkan, Jumat (21/12), di Alun-Alun Purwokerto, usai gelar pasukan pengamanan Natal dan Tahun Baru. Seluruh miras yang dimusnahkan merupakan hasil operasi Desember 2018.

Kapolres Banyumas, AKBP Bambang Yudhantara Salamun. Foto: Hermiana E Effendi

Kapolres Banyumas, AKBP Bambang Yudhantara Salamun SIK mengatakan, pemusnahan tersebut merupakan upaya untuk mencegah adanya gangguan kamtibnas pada perayaan Natal dan menjelang tahun baru.

Selain itu, juga merupakan wujud komitmen bersama dalam memerangi penyalahgunaan dan peredaran miras tak berizin.

ʺPemusnahan miras ini tidak hanya kali ini kita lakukan, tetapi akan terus kita lakukan ke depannya. Ini sebagai bentuk peringatan juga kepada semua pihak,ʺ katanya.

Operasi peredaran miras, dilakukan mulai dari penjual di warung-warung yang tidak mengantongi izin, hingga miras produksi rumahan, seperti ciu yang dikemas dalam botol maupun plastik.

Selain gencar merazia miras, untuk menjaga kamtibmas menjelang perayaan Natal dan pergantian tahun, Polres Banyumas juga membentuk posko-posko di lokasi strategis serta pusat keramaian. Pembentukan posko dimulai hari ini dan akan berlangsung hingga 1 Januari mendatang.

ʺPosko juga kita dirikan pada delapan gereja prioritas di Kota Purwokerto, yaitu gereja-gereja yang jumlah jemaatnya cukup banyak. Untuk sterilisasi gereja akan dilakukan setiap tiga jam menjelang ibadah dilakukan,ʺ jelas Kapolres.

Posko terpadu akan dipusatkan di Alun-Alun Purwokerto. Selain itu juga ada posko pelayanan di Stasiun dan empat posko lainnya untuk memantau arus lalu-lintas.

ʺPada intinya kita menginginkan agar tercipta keamanan dan kenyamanan, baik untuk masyarakat yang melintas, berkunjung ataupun untuk menetap di Banyumas. Sehingga semua potensi gangguan kamtibmas harus diminimalkan, kemacetan harus diantisipasi dan semua aman terkendali,ʺ tegasnya.

Lihat juga...