Polres Ngawi Tangkap Pelaku Penipuan Berkedok Rekrutmen CPNS

Ilustrasi -Dok: CDN

NGAWI – Petugas Satuan Reskrim Polres Ngawi, berhasil menangkap seorang pelaku penipuan berkedok seleksi CPNS di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM, yang merugikan korban hingga ratusan juta rupiah.

Kepala Satuan Reskrim Polres Ngawi, AKP Muh Indra Nadjib, mengatakan, tersangka adalah Koirul Anas (29), warga Madiun, Jawa Timur. Pelaku ditangkap polisi di rumahnya.

“Modusnya sama seperti kasus penipuan CPNS pada umumnya. Pelaku mengaku memiliki koneksi di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM, dan menjanjikan bisa menjadikan korban PNS dengan membayar sejumlah uang tertentu sebagai pemulus jalan,” ujar AKP Muh Indra Nadjib, kepada wartawan di Ngawi, Selasa (18/12/2018).

Menurut dia, aksi penipuan berkedok rekrutmen CPNS tersebut berakhir, setelah korban melapor ke Polres Ngawi. Korban adalah Sudjono (61), warga Desa Watualang, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi.

Korban ingin anaknya yang baru lulus kuliah dapat bekerja sebagai PNS. Namun, malah menjadi korban tipu pelaku.

Aksi tipu pria pengangguran tersebut, bermula saat korban bertemu pelaku. Dari perkenalan itu, korban mengungkapkan ingin mencarikan pekerjaan yang mapan buat anaknya yang baru selesai kuliah dengan menjadi abdi negara.

Lihat juga...