POLRI Fokus Telusuri Aliran Dana Terorisme

Kapolri, Jenderal Polisi Tito Karnavian -Dok: CDN

JAKARTA – Kapolri, Jenderal Polisi Tito Karnavian, mengatakan, saat ini yang menjadi fokus penegak hukum dalam memberantas kasus terorisme adalah penelusuran aspek pendanaannya.

“Ini menjadi perhatian bagi aparat penegak hukum, dalam menelusuri aspek pendanaan terorisme,” kata Tito, melalui keterangan tertulisnya, di Jakarta, Kamis (13/12/2018).

Ia juga mengingatkan, penegak hukum harus selangkah lebih maju dalam penggunaan teknologi informasi (TI), karena pelaku kejahatan transnasional dan terorisme saat ini sudah memanfaatkan kemajuan TI dalam menjalankan aksinya.

Dari sejumlah pelaku teror yang ditangkap polisi pada 2018, terbukti memanfaatkan teknologi informasi.

Hal ini disampaikan Kapolri Tito, saat diundang bertemu dengan Assistant Director of Federal Bureau of Investigation (FBI), Michael McGarrearty, di Melbourne, Australia, Kamis (13/12).

Tito mencontohkan, pada kasus-kasus teror yang terungkap, para pelaku memanfaatkan komunikasi lewat media sosial. Misalnya, pembelian barang atau pun bahan pembuatan bom yang dilakukan secara daring, termasuk metode pembayarannya.

Sementara itu, Assistant Director of Federal Bureau of Investigation (FBI), Michael McGarrearty, menekankan pentingnya memperkuat kerja sama antara kedua institusi penegak hukum, terutama dalam hal penanggulangan kejahatan transnasional, termasuk (penanganan) kejahatan siber, penyelundupan orang, narkotika, dan terorisme.

Namun, kata Michael, khusus penanganan kejahatan terorisme perlu dikembangkan pencegahan, mengingat para pelaku menjalankan aksinya sudah memanfaatkan teknologi siber.

“Khusus kejahatan teroris, pengembangan kapasitas, terutama dalam mengantisipasi pemanfaatan siber oleh kelompok teror,” katanya.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian, menghadiri undangan Kepolisian Victoria sebagai pembicara dalam acara Victoria Police and Leadership in Counterterrorism Forum di Australia.

Dalam acara tersebut, Kapolri didampingi beberapa pejabat Mabes Polri, di antaranya Kadivpropam Polri, Irjen Pol. Listyo Sigit, Karomisinter Divhubinter Polri, Brigjen Pol. Krishna Murti, dan Wakadensus 88 Antiteror Polri, Brigjen Pol. Marthinus Hukum. (Ant)

Lihat juga...