Produk Lampung Berpeluang Diekspor ke Kroasia

138

BANDARLAMPUNG — Gubernur Lampung, Muhammad Ridho Ficardo, mengatakan Lampung memiliki berbagai potensi produk yang mampu menyasar ke kawasan Eropa, termasuk ke Kroasia.

“Perluasan ekspor berbagai produk Lampung ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Lampung,” kata Ridho dalam pertemuan dengan Duta Besar Indonesia untuk Kroasia, Syahroedin ZP di Bandarlampung, Jumat (7/12/2018).

Pertemuan tersebut sekaligus sebagai penjajakan peluang peningkatan perdagangan komoditi ekspor Provinsi Lampung ke Kroasia dan negara-negara Eropa Timur.

Dalam kesempatan itu, Gubernur menjelaskan berbagai perkembangan pembangunan Provinsi Lampung dan peluang ekspor dari Provinsi Lampung ke Kroasia sebagai upaya meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Lampung.

Provinsi Lampung telah mengalami perkembangan pembangunan di berbagai sektor, seperti pembangunan infrastruktur, dan peningkatan kunjungan pariwisata yang masuk dalam tiga besar secara nasional.

Provinsi Lampung juga terus melakukan peningkatan di berbagai sektor seperti akan meningkatnya status Bandara Raden Intan II sebagai bandara internasional, akan beroperasinya Jalan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar serta beroperasinya dermaga eksekutif .

“Di Lampung juga akan dibangun politeknik industri sebagai peningkatan nilai tambah masyarakat, pembangunan kawasan Kota Baru, pemindahan industri pertahanan ke Lampung, dan peningkatan di sektor pariwisata, serta pembangunan sektor lainnya,” jelas Gubernur.

Selain berbagai pembangunan yang terus dilakukan Pemprov Lampung, kata Ridho, Provinsi Lampung memiliki banyak potensi produk yang mampu diskspor ke Eropa, khususnya Kroasia, di antaranya kopi, kelapa sawit, nanas, dan karet.

“Berbagai upaya dalam peningkatan pembangunan di Provinsi Lampung, dan banyaknya peluang potensi ekspor produk dari Lampung ke Eropa khususnya Kroasia, merupakan upaya untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan Lampung,” kata Ridho.

Gubernur mengungkapkan rasa bangganya, Syahroedin ZP sebagai salah satu putra Lampung meraih prestasi dan dipercaya menjadi Duta Besar RI di Kroasia.

“Kami terus memberikan dukungan yang terbaik kepada putra berprestasi Lampung. Ini juga merupakan suatu peluang, banyak potensi ekspor produk Lampung yang mampu dibantu dan diperjuangkan Abang Sjahroedin di Eropa, khususnya di Kroasia,” kata Ridho.

Sementara itu, Dubes RI untuk Kroasia Sjahroedin ZP mengapresiasi atas berbagai kemajuan dan perkembangan pembangunan yang telah disampaikan Gubernur Lampung.

“Saya sangat senang atas perkembangan Lampung di bawah kepemimpinan Gubernur Ridho. Yang terpenting apa yang dibuat dan ditinggalkan untuk Lampung,” ujar Sjahroedin.

Terkait upaya ekspor produk Lampung ke Kroasia, kata Dubes, pihaknya akan terus mendorong dan mengenalkan produk Lampung ke Kroasia, seperti kopi dan keripik pisang Lampung.

“Kami akan mengenalkan peluang Lampung di berbagai sektor seperti pariwisata dan pertanian, salah satunya melalui kegiatan festival dan pameran,” kata Dubes.

Oleh karena itu, lanjut Syahroedin, diharapkan satuan kerja terkait, dan para pelaku usaha dapat langsung mengikuti kegiatan tersebut, dan dapat bertemu secara langsung dengan para pelaku usaha dari Kroasia.

Ia berharap kerja sama yang dilakukan Gubernur Lampung melalui jalur Eropa ini mampu menarik para pelaku usaha untuk bekerja sama dengan Provinsi Lampung, tidak hanya Kroasia, tetapi juga negara Eropa lainnya. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...