Puncak Kedatangan Penumpang di LIA, H-3 Tahun Baru

Editor: Koko Triarko

MATARAM – Puncak arus kedatangan penumpang di Bandara Lombok Internasional Airport (LIA), diprediksi akan mengalami lonjakan tiga hari jelang perayaan tahun baru 2019, baik penumpang dari penerbangan domestik maupun mancanegara.

“Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, puncak arus kedatangan penumpang, tiga atau empat hari sebelum perayaan tahun baru”, kata General Manager LIA, l Gusti Ngurah Ardita, Rabu (26/12/2018).

Menurutnya, kebanyakan penumpang biasanya wisatawan nusantara dan mancanegara, termasuk warga NTB yang hendak merayakan dan menyambut tahun baru 2019 di NTB.

Karena itu, sebagai langkah pengamanan lalu lintas di bandara jelang tahun baru, termasuk Natal, Bandara LIA telah membentuk Posko Terpadu Angkutan Udara bersama Polres Lombok Tengah di loni terminal bandara.

“Posko terpadu dibentuk dalam rangka menjamin kesiapan atas fasilitas penunjang operasional dan pelayanan bandara bagi pengguna jasa bandar udara”, katanya.

Selain itu, juga untuk menjaga ketertiban, keamanan dan kenyamanan operasional bandara. Untuk posko sendiri telah dimulai sejak H-5 Natal, 20 Desember 2018, hingga H+5 tahun baru tanggal 6 Januari 2019.

Ditambahkan, kegiatan posko ini juga melibatkan beberapa intansi lainnya, yaitu Lanud Rembiga, Polres Lombok Tengah, Kodim 1620/WB Lombok Tengah, Basarnas NTB, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Mataram, Perum LPPNPI, Airlines dan Ground Handling.

“Harapannya, kegiatan posko angkutan udara natal  2018 dan tahun baru 2019 bisa berjalan lancar, aman dan terkendali. Sehingga bisa memberikan pelayanan terbaik bagi para pengguna jasa kebandarudaraan,” katanya.

Sementara itu, Juru Bicara Bandara LIA, Putri, mengatakan, pihaknya telah menambahkan beberapa fasilitas operasional dan pelayanan bandara  selama 2018, yaitu optimalisasi lantai 3 sebagai ruang tunggu dan pemindahan SCP 1.

“Penambahan dan beautifikasi drop zone dan pick up zone, serta penambahan parkir pesawat, yang semula 10 menjadi 18. Juga akan dioperasikan dua buah garbarata yang berada di sisi timur terminal,” pungkasnya.

Lihat juga...