Ramdoor KMP Nusa Putera Patah, Sebuah Truk Tercebur ke Laut

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

LAMPUNG — Insiden pintu masuk kendaraan (ramdoor) buritan kapal roll on roll off (Roro) KMP Nusa Putera Jakarta mengakibatkan sebuah truk bernomor polisi B 9052 FN tercebur di dermaga tiga pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan.

Truk bermuatan rongsokan yang dikemudikan oleh Dadang (40) asal pulau Sumatera tujuan Pulau Jawa tersebut tercebur ke laut saat akan masuk ke KMP Nusa Putera Jakarta. Saat insiden, pengemudi dan kernet melompat ke laut.

Akibat insiden tersebut pengemudi truk naas langsung dilarikan ke Puskesmas rawat inap Bakauheni karena mengalami patah kaki.

“Saat proses muat kendaraan ke kapal sebagian badan truk sudah berada di kapal,” terang Sersan Kepala Sugito, anggota Koramil 03/Penengahan kepada Cendana News, Kamis (27/12/2018).

Kapal Nusa Putera saat insiden ramdoor patah sedang dalam proses memuat kendaraan yang parkir di dermaga tiga.

Terkait insiden tersebut Cendana News mencoba mengkonfirmasi kepada pihak PT. Angkutan Sungai dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Cabang Bakauheni, Hasan Lessy, namun belum terkonfirmasi.

Truk Tercebur
Fery Hendry Yamin, Petugas Keselamatan Berlayar Penjagaan dan Patroli KSOP Kelas V Pelabuhan Bakauheni. Foto: Henk Widi
Sementara itu Fery Hendry Yamin, petugas Keselamatan Berlayar Penjagaan dan Patroli (KBPP) Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas V Bakauheni menyebut penanganan kondisi darurat telah dilakukan.

“Pengemudi telah dievakuasi oleh petugas ke Puskesmas untuk mendapatkan penanganan. Saat ini tengah diupayakan proses pengangkatan ramdoor sambil dilakukan pemeriksaan penyebab utama insiden tersebut,” beber Fery Hendry Yamin.

Fery Hendry Yamin menyebutkan, insiden tersebut tidak mengganggu aktivitas jadwal kapal. Ramdoor patah terjadi saat sejumlah kendaraan belum masuk ke dalam kapal.

Saat insiden tersebut ia memastikan kondisi cuaca di perairan Bakauheni dalam keadaan normal. Proses pengangkatan ramdoor yang tercebur ke laut serta evakuasi kendaraan disebutnya masih berlangsung.

Berdasarkan catatan Cendana News, KMP Nusa Putera merupakan kapal yang dibuat di galangan Perancis. Kapal milil PT. Putera Master Sarana Penyeberangan (SP) kapal Nusa putera merupakan salah satu kapal besar yang dimiliki operator tersebut di lintasan Balkauheni-Merak. Kapal dengan bobot 13.863 GT tersebut dibuat tahun 1985 dan bisa memuat penumpang maksimal 270 kendaraan campuran, 400 muatan penumpang pejalan kaki.

Lihat juga...