Ratusan Personel Gabungan Amankan Tahun Baru di Jakarta Barat

Editor: Mahadeva

219

JAKARTA – Sebanyak 736 personel gabungan mengamankan malam tahun baru 2019 di wilayah Jakarta Barat. Mereka merupakan gabungan dari Polri, TNI, Satpol PP, Damkar, Citra Bhayangkara, Wamra maupun Mitra Jaya.

“Kita bersama-sama, turut berperan aktif mengamankan malam pergantian tahun baru,” ucap Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Pol Hengki Haryadi, Senin (31/12/2018).

Mengapresisi situasi kemanan, ketertiban masyarakat (Kamtibmas)menjelang pergantian tahun, dari kesinergian dan kekompakan semua pihak, tercipa wilayah yang aman dan kondusif. “Perlu diwaspadai adanya ancaman teroris pada waktu malam tahun baru, agar kita bisa peka terhadap lingkungan sekitar,” tandasnya.

Hengki menyebut, di malam tahun baru, dilakukan pengamanan Full Boddy System, di titik-titik keramaian di Jakarta Barat.

Kepala Unit Pengelola Kawasan (UPK) Kota Tua, Norviadi S Husodo, mengatakan, telah menyiapkan tiga kantong parkir untuk menampung motor dan mobil pengunjung Kota Tua, saat perayaan malam tahun baru. “Sudah ada beberapa titik, untuk ditawarkan menjadi tempat parkir, satu di Cengkeh, yang kedua di Kali Besar Timur dan Barat, serta di Bank BNI dekat Stasiun Kota,” ungkapnya.

Lokasi parkir di Jalan Cengkeh, untuk menampung mobil dan motor. Sedangkan area parkir di Kali Besar, lebih banyak untuk motor. Area parkir Gedung Bank BNI lebih untuk menampung mobil pengunjung. Norviadi mengimbau, masyarakat yang ingin merayakan malam tahun baru di Kota Tua, memilih agar menggunakan transportasi umum seperti kereta ataupun Bus TransJakarta. Hal itu untuk mengantisipasi kesulitan mendapatkan tempat parkir.

UPK Kota di makan tahun baru, tidak mempersiapkan acara secara khusus. Masyarakat terbiasa secara spontan menyalakan kembang api bersama, menjelang pergantian tahun seperti di tahun-tahun sebelumnya. Di malam tahun baru, jam operasional kawasan Taman Fatahillah, Kota Tua diperpanjang. Pengelola memperpanjang jam operasional dari pukul 22.00 WIB menjadi 02.00 WIB. Tak hanya itu, penglola juga mempersiapkan petugas, untuk bersih-bersih usai perayaaan. Kendati demikian, masyarakat tetap diimbau, agar tidak membuang sampah sembarangan. Karena sudah tersedia tempat sampah di beberapa titik di kawasan Kota Tua.

Baca Juga
Lihat juga...