hut

Rayakan Kemenangan Persija, Waspadai GBK hingga Balai Kota

Editor: Satmoko Budi Santoso

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, memastikan, konvoi perayaan kemenangan Persija Jakarta atas keberhasilannya bakal dirayakan besok.

Anies mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah bertemu dengan Persija Jakarta dan Polda Metro Jaya guna membahas tentang pelaksanaan konvoi tersebut.

“Jadi, besok kita akan menyambut Persija dan pendukungnya di Balai Kota,” ucap Anies di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Jumat (14/12/2018), siang.

Aksi konvoi tersebut akan dimulai dari Patung Arjuna atau Patung Panahan di Kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno pada pagi hari. Setelah itu, para peserta konvoi akan bergerak melewati Jalan Jenderal Sudirman sampai akhirnya tiba di Pendopo Balai Kota.

“Kemarin Tim Persija, Pemprov dan Polda Metro Jaya sudah bertemu. Dijadwalkan dari Kompleks Gelora Bung Karno (GBK) tepatnya di patung panah jam pagi. Kemudian, iring-iringan lewat dekat FX Jalan Sudirman sambil iring-iringan ke Balai Kota,” tuturnya.

Pihaknya bakal menerima di Balai Kota seperti halnya saat mereka memenangkan Piala Presiden 2018. Dia mengatakan, di sekitar Balai Kota juga akan disiapkan layar lebar dan pentas musik bagi warga ibu kota yang turut menyaksikan.

“Ini semacam pesta rakyat menyambut kemenangan Persija. Insyaallah ini babak baru, karena prestasi-prestasi seperti ini harus terus dijaga ke depan. Ini bukan hanya dipandang sebagai kemenangan 11 pemain di lapangan saja. Tapi juga seluruh tim dan jutaan penggemar Persija,” jelas Anies.

Dengan adanya perayaan ini, Anies menginginkan agar perayaan besok dapat membawa pesan bahwa The Jakmania merupakan suporter Persija yang tertib dan rapi. Dia menyebutkan, suporter Persija juga terbukti telah ikut membersihkan maupun memperbaiki ketika ada insiden  terjadi.

“Kalau diperhatikan, apabila Persija berlaga, para suporter ini dengan biaya dan usaha sendiri ikut mendukung. Dengan semua kerepotannya, mereka tetap bersedia mendampingi ke manapun Persija pergi. Ini bentuk loyalitas pendukung yang luar biasa,” ujar Anies.

Selain itu, dia mengimbau warga ibu kota menghindari jalan ataupun lokasi yang akan terkena dampak dari acara perayaan kemenangan Persija tersebut.

Jalan-jalan yang diperkirakan akan terkena dampak di antaranya Jalan Sudirman, Jalan MH Thamrin, serta Jalan Medan Merdeka Selatan.

“Jadi bagi yang mau berkegiatan di luar kegiatan karnaval, sebaiknya menghindari jalur itu,” pungkasnya.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya juga bakal melakukan rekayasa lalu lintas pada Sabtu (15/12) terkait perhelatan konvoi Persija Jakarta yang memenangkan ajang Liga 1 beberapa hari lalu.

Kepala Sub Direktorat Pembinaan dan Penegakan Hukum, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Budiyanto, menyatakan, rekayasa lalu lintas dilakukan secara situasional.

“Polisi kerja sama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) mengatur rekayasa lalu lintas sepanjang rute konvoi,” kata Budiyanto saat dikonfirmasi,

Pengalihan dilakukan mengikuti pergerakan massa konvoi. Saat massa kumpul di pintu 1 Plaza Barat GBK maka arus yang mengarah GBK dialihkan. Kemudian pada saat konvoi melintas di simpang-simpang, akan ada pengalihan yang bersifat situasional.

Diketahui konvoi dimulai dari titik pintu 1 GBK. Peserta konvoi akan dikawal langsung oleh Patwal dari Kepolisian dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Konvoi akan dimulai sekitar pukul 09.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB.

Akan ada juga sejumlah bus yang ikut iring-iringan pada konvoi besok. Bus ini dikawal oleh petugas dishub dan polisi.

 

Lihat juga...