Ribuan KTP Elektronik tak Terpakai di Banyumas, Dimusnahkan

Editor: Satmoko Budi Santoso

PURWOKERTO – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Banyumas, baru-baru ini memusnahkan sekitar seribu e-KTP yang sudah tidak terpakai. Saat ini, masih tersisa ribuan lagi e-KTP yang belum dimusnahkan. Pemusnahan dilakukan dengan cara digunting, kemudian dibakar.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Banyumas, Kartiman, Senin (17/12) menjamin, e-KTP yang sudah tidak terpakai di Banyumas aman, dan tidak akan disalahgunakan untuk kepentingan apa pun. Bahkan, dinas menyimpan rapi e-KTP tersebut.

ʺUntuk Banyumas, saya jamin aman. E-KTP yang sudah tidak terpakai akan kita musnahkan secara bertahap. Kemarin kita baru memusnahkan ribuan e-KTP. Tetapi pemusnahan masih internal di kantor Disdukcapil dan hanya disaksikan para pegawai saja. Pemusnahan berikutnya, kita akan undang pihak luar seperti polisi atau Satpol PP. Untuk menyaksikan pemusnahan e-KTP,ʺ terangnya.

Terkait jumlah e-KTP yang sudah tidak terpakai, Kartiman mengatakan, pihaknya masih melakukan pendataan dan penghitungan, sebab setiap saat bisa ada penambahan. Namun, yang pasti jumlahnya ada ribuan.

E-KTP yang sudah tidak terpakai tersebut, antara lain karena ganti status, ada yang bercerai, ada yang menikah, serta ada yang pindah alamat.

Perekaman

Lihat juga...