Rini: Generasi Millenial Miliki Peran Penting dalam Pengembangan BUMN

Menteri BUMN Rini Soemarno [Dok jpp.go.id]

JAKARTA — Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Republik Indonesia Rini Soemarno menekankan pentingnya peranan generasi millenial dalam pengembangan BUMN saat ini.

“Saya rasa penting sekali, kenapa? Sekarang ibu juga ingin lebih mengerti (generasi) millenial sekarang aktivitasnya apa, ekstra-kurikuler aktivitasnya apa sehingga ibu juga bisa mendorong untuk Millenial BUMN ini agar makin semangat, semakin mengetahui bagaimana supaya mendorong inovasi dan kreatifitas mereka,” ujar Menteri Rini di Jakarta, Kamis malam (13/12).

Dia lebih lanjut menjelaskan bahwa BUMN ke depannya dalam proses transformasi untuk mengikuti keadaan zaman yang sudah berbeda.

“Semua sudah berbasis digital, ini yang paling mampu terus terang millenial. Kami (generasi) lama waktu lahir belum ada handphone, kalau millenial lahir sudah ada handphone jadi cara berpikirnya sudah sedikit berbeda,” tuturnya.

Menurut Rini, pihaknya akan coba mengejar dan mengimbangi pemikiran para generasi millenial tapi, melalui cara-cara sesuai dengan yang dipahami dan dimengerti oleh generasi tersebut.

Kementerian BUMN RI bersama PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menggelar event “Spirit of Millennials Games Day 2018” di JI Expo Kemayoran.

Festival ini merupakan bagian dari program Spirit of Millennials yang diinisiasi Kementerian BUMN untuk memberikan wadah kreativitas dan inovasi bagi karyawan muda yang akan dibentuk di masing-masing BUMN guna mendorong semangat transformasi BUMN dalam menghadapi era perubahan.

Spirit of Millennials Games Day 2018 merupakan festival permainan digital yang terdiri dari beberapa kegiatan diantaranya Turnamen PUBG Millennial BUMN, Turnamen Millennial Pro Mobile bagi komunitas yang didukung jaringan Telkomsel, BOD Games Exhibition yang mengikutsertakan jajaran direksi BUMN untuk bertanding dengan pemain profesional, dan Turnamen Millennial Pro yang diikuti oleh 16 finalis pertandingan IndiHome E-Sport League 2018 yang merupakan pemain profesional.

Menteri BUMN RI Rini Soemarno mengapresiasi peran aktif Telkom dalam menggali potensi generasi muda, khususnya karyawan milenial BUMN.

Menurutnya, melalui program Spirit of Millennials, kementerian BUMN berusaha memaksimalkan potensi karyawan milenial setiap BUMN agar bisa menjadi aktor utama perubahan positif baik bagi perusahaan maupun bagi Indonesia.

“Lewat program Spirit of Millennials, Kementerian BUMN mendorong semangat kreativitas, kebersamaan, kerja sama dan sportivitas para generasi muda BUMN yang diharapkan bisa ditularkan kepada seluruh lapisan masyarakat,” kata Menteri Rini.

“Telkom menuangkan semangat milenial tersebut dalam sebuah permainan digital yang sedang populer. Apa yang dilakukan Telkom cukup menarik, sebab permainan mencerminkan kecerdasan, kreativitas dan sportivitas para milenial BUMN,” tambahnya.

Ia menjelaskan bahwa inisiatif Spirit of Millennials ini bertujuan agar jajaran manajemen di BUMN dapat terus membina karyawan mudanya agar bisa menjadi pegawai yang berkualitas, inovatif, dan kreatif.

“Sehingga nantinya bisa membawa BUMN menghadapi berbagai perubahan di era globalisasi ini. Kami berharap BUMN dapat senantiasa eksis sebagai salah satu instrumen penting yang pendorong perekonomian bangsa,” ujar Rini.

Dalam event tersebut, Menteri BUMN juga menjajal game online bergenre battle royale yakni “PlayerUnknown’s Battlegrounds” yang sedang populer di kalangan generasi millenial. [Ant]

Lihat juga...