Romo Yos, Satu-satunya Pastor Berpangkat Letkol di Indonesia

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

YOGYAKARTA — Sepintas sosok Pastor satu ini tak ubahnya seperti pemuka Gereja pada umumnya. Cerdas, bertutur kata halus, dan bijaksana. Namun siapa sangka, ternyata pastor satu ini merupakan seorang Anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) berpangkat Letnan. Dialah Letnan Kolonel (Sus) Romo Yoseph Maria Marcelinus Bintoro.

Menjadi satu-satunya Pastor sekaligus anggota TNI, Romo Yos, panggilan akrabnya masuk dalam catatan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai ‘Pastor Pertama yang Sekolah Perwira Prajurit Karir di Akmil’.

Romo Yos yang aktif di Akademi Angkatan Udara Yogyakarta ini, kini aktif menjadi pemuka gereja katolik St. Mikael yang ada di kompleks TNI AU Lanud Adisucipto Yogyakarta.

Menjadi seorang Pastor Tentara, Romo Yos memiliki tugas utama sebagai pembina rohani umat Katolik di lingkungan TNI AU. Ia juga aktif sebagai pembicara dan dosen.

Meski begitu ia juga tak segan melakukan sejumlah tugas sebagai anggota TNI. Mulai dari memanggul senjata, dikirim ke sejumlah misi di daerah konflik, hingga ikut terbang diatas pesawat.

“Padahal awalnya dulu saya benci tentara, sekarang saya malah jadi tentara,” ujarnya.

Setelah ditahbiskan sebagai imam tahun 1996, Romo Yos ditugaskan oleh Uskup Agung Jakarta Julius Kardinal Darmaatmadja SJ menjadi pastor di lingkungan TNI.

Lihat juga...