Samigaluh Kembangkan Kawasan Agro Durian

229
Ilustrasi pohon buah durian - Dok CDN

KULON PROGO – Pemerintah Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengembangkan kawasan tanaman durian di daerhanya. Upaya dilakukan di atas lahan seluas 10 hektare.

Kasie Pembangunan dan Pemberdayaan Desa Gerbosari, Rudi Hartoyo, mengatakan, Pemerintah Desa Gerbosari merencanakan pelatihan penanaman durian, sekaligus membelikan bibit durian, bagi masyarakat yang potensial melaksanakan program tersebut. “Program pemberdayaan masyarakat di Desa Gerbosari 2018 adalah budi daya pohon durian. Hal ini didasarkan dari berbagai pengalaman dan informasi masyarakat yang kadang mendapat pertanyaan tentang pengembangan kawasan durian dari Kecamatan Samigaluh,” kata Rudi, Sabtu (8/12/2018).

Setelah rapat bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Gerbosari, disepakati untuk membuat kawasan unggulan durian di lima pedukuhan yang ada di Gerbosari. Yaitu Pedukuhan Sumbo, Tlogo, Dukuh, Kayugede, dan Menggermalang. Total lahannya sekira 10 hektare.

Bibit durian yang dibagikan terdiri dari tiga varietas, yaitu Montong, Kumbokarno dan Menoreh Kuning. Pengadaan bibit tanaman durian, yang menggunakan Dana Desa sebanyak 750 batang. Sementara yang dari bantuan BKAD Kecamatan Samigaluh, 500 batang. “Bantuan bibit durian dibagikan pada warga di lima pedukuhan dengan sasaran rumah tangga miskin (RTM) yang ada di Desa Gerbosari,” jelasnya.

Pemerintah desa melaksanakan program tersebut, yang dimulai dari pelatihan usaha pertanian, dalam rangka pemberdayaan masyarakat. “Masyarakat diberi pengetahuan tentang bagaimana membudidayakan durian, mulai dari menyiapkan lahan, menanam, merawat, dan membuat pohon durian menjadi pohon yg produktif namun buahnya juga berkualitas,” katanya.

Kepala Desa Gerbosari, Damar, mengatakan, Pemerintah Desa Gerbosari, menyiapkan masyarakat untuk mengoptimalkan potensi lokal. Mulai dari pangan lokal, kawasan agrowisata bunga krisan, hingga pengembangan kawasan durian.

Hal ini tidak terlepas adanya program Bedah Bukit Menoreh dan Samigaluh sebagai kawasan penyangga KSPN Borobudur. “Pemdes Gerbosari mulai merancangan pengembangan kawasan berbasis agro, supaya masyarakat tidak hanya menjadi penonton, dengan adanya program pengembangan kawasan KSPN Borobudur dan Bukit Menoreh,” pungkasnya. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...