Sawo Mamey, Buah Sawo Raksasa

Editor: Mahadeva

Pohon Sawo Mamey - Foto Ranny Supusepa

JAKARTA – Dari sekian banyak tanaman koleksi milik Taman Buah Mekarsari, Sawo mamey atau dikenal dengan nama sawo raksasa, menjadi salah satu yang paling sering mendapatkan decak kagum pengunjung. Ukurannya, yang jauh lebih besar, jika dibandingkan dengan sawo biasa, menjadikannya buah yang banyak dikagumi.

“Istimewanya sawo mamey ini, ukuran buahnya besar, dan bisa memiliki berat 10 kali lipat dibandingkan sawo biasa. Berat buahnya bisa berkisar antara satu hingga dua kilogram, bergantung pada banyak bakal buah pada satu cabang,” kata Marketing Communication Taman Buah Mekarsari, Firman Setiawan, Rabu (26/12/2018).

Cara perkembangbiakan sawo mamey, hampir sama dengan sawo biasa. Hanya saja, sawo mamey, dari masa penyerbukan hingga masa panen membutuhkan waktu antara sembilan hingga 10 bulan.  “Kita di Mekarsari memiliki 3 pohon dewasa dengan umur diatas 10 tahun. Dan ada beberapa pohon anakan yang kita dapatkan dari sistem sambung. Jadi tanaman yang berasal dari biji kita jadikan batang bawah, lalu kita sambung dengan batang pohon dewasa,” ujar Firman.

Sawo Mamey – Foto Ranny Supusepa
Lihat juga...