Sayur Bening Cepokak dan Gambas Kuliner Kaya Manfaat

Editor: Mahadeva WS

LAMPUNG – Tinggal di wilayah pedesaan menjadi hal yang menguntungkan. Warga menjadi bisa mendapatkan bahan makanan segar dengan lebih mudah.

Rohana (42), salah satu warga yang tinggal di Dusun Kayu Tabu, Desa Kelawi, Kecamatan Bakauheni, jenis sayuran segar yang mudah diperoleh diantaranya cepokak, gambas, bayam, kangkung, sawi. Sayuran tersebut sengaja ditanam di kebun, sebagai bahan baku pembuatan sayur bening atau biasa disebut sayur asam, atau tumis serta urap.

Sayur yang ditanam di kebun milik Rohana diantaranya Cepokak, atau dikenal dengan Rimbang (Solanum Nigrum L). Tanaman tersebut, dalam bahasa asli Lampung disebut sebagai tanaman Skang. Tanaman cepokak kerap digunakan sebagai lalapan dan sayur. Kerap dimanfaatkan sebagai sayuran, tanaman cepokak memiliki manfaat sebagai obat jantung, kepala pusing, kurang nafsu makan, serta mengurangi tekanan darah tinggi.

Buah Cepokak – Foto Henk Widi

Buah cepokak mengandung sejumlah vitamin seperti A, B, dan C. Hal itu membuat buah tersebut kerap dikonsumsi, untuk menjaga kesehatan mata. Tanaman lain yang ditanam adalah, gambas atau yang sering disebut oyong (Luffa acutangula). Gambar merupakan sayuran berbentuk lonjong berwarna hijau. Kaya akan serat, oyong dipercaya bisa membantu menurunkan berat badan dan berfungsi bagi kesehatan kulit.

Lihat juga...