Sebuah Pesawat Tergelincir di Kasonaweja Papua

Ilustrasi - Pesawat perintis di bandara Sentani, Kabupaten Jayapura. Dok. CDN

JAYAPURA — Pesawat Alfa Trans Dirgantara dengan kode penerbangan PK-ASE, Rabu pagi (12/12/2018) sekitar pukul 08.00 WIT tergelincir sesaat setelah mendarat di lapangan terbang Kasonaweja, Kabupaten Mamberamo Raya, Papua akibat kabut yang menyelimuti kawasan itu.

Kapolres Mamberamo Raya AKBP Domingus Rumaropen dari Jayapura mengatakan kecelakaan tersebut disebabkan saat hendak mendarat cuaca berkabut hingga pesawat mendarat dibagian tengah yang mengakibatkan pesawat tergelincir keluar lapangan terbang.

Pesawat yang dipiloti Tohirin membawa tujuh penumpang dan semuanya selamat walaupun sempat mengalami kepanikan dan trauma sebelum mereka diselamatkan dan dikeluarkan dari pesawat naas yang hingga kini masih berada di ujung landasan.

Tujuh penumpang sempat dibawa ke RSUD Kasonaweja untuk diperiksa namun saat ini sudah diizinkan pulang kembali kerumah masing-masing, kata Rumaropen.

AKBP Rumaropen mengatakan, untuk menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan maka polisi sudah membentangkan garis polisi atau police line disekitar pesawat sehingga masyarakat tidak mendekatinya.

Tujuh penumpang pesawat naas yakni Martinus, Ronald, Edi, Amos, Philipus, Aser dan Episembor.

Jarak Sentani-Kasonaweja dapat ditempuh sekitar satu jam, kata AKBP Rumaropen. [Ant]

Lihat juga...