hut

Seleksi Tahap III CHA Loloskan 12 Nama

Editor: Mahadeva

Ketua KY Jaja Ahmad Jayus - Foto M Hajoran Pulungan

JAKARTA – Proses seleksi Calon Hakim Agung (CHA) oleh  Komisi Yudisial (KY) sudah memasuki tahap ketiga. Ada 12 nama CHA yang dinyatakan lolos seleksi kesehatan dan kepribadian tersebut.

Penetapan nama yang lolos seleksi tahap tiga, dituangkan dalam Surat Keterangan (SK) Nomor 09/Peng/Pim/RH.02.07/12/2018. SK tersebut dikeluarkan berdasarkan rapat pleno KY  pada 19 Desember 2018. “Berdasarkan keputusan rapat pleno ada 12 nama Calon Hakim Agung yang lulus seleksi tahap III,” kata Ketua KY, Jaja Ahmad Jayus, Kamis (20/12/2018).

Ke-12 CHA tersebut, berhak mengikut tahap seleksi selanjutnya, wawancara. Seleksi wawancara akan digelar 3, 4 dan 7 Januari 2019. Bagi CHA yang lolos seleksi tahap kesehatan dan kepribadian, tetapi tidak ikuti wawancara, akan dinyatakan gugur. “Perlu diperhatikan bagi calon hakim agung yang sudah dinyatakan lolos tahap III, tetapi tidak mengikuti seleksi wawancara akan gugur. Artinya, tidak bisa mengikuti seleksi tahap berikutnya, karena tidak ikut seleksi wawancara,” jelasnya.

Jaja kembali mengingatkan, peserta seleksi untuk mengabaikan pihak-pihak, yang menjanjikan dapat membantu keberhasilan atau kelulusan dalam proses seleksi. KY ditegaskannya, tidak pernah melakukan hal seperti itu. Nama-nama CHA yang lulus seleksi kesehatan dan kepribadian adalah, di Kamar Pidana ada Dr. Moh. Puguh Haiyogi, S.H., Sp.N., M.H. Untuk kamar perdata, ada Ahmad Shalihin, S.H., M.H., Matheus Samia, S.H., M.H., Pahala Simanjuntak, S.H., M.H., Dr. Ridwan Mansyur, S.H., M.H., H. Suwidya Abdullah, S.H., LL.M.

Selanjutnya untuk Kamar Agama, ada nama Cholidul Azhar, H. S.H., M. Hum., Dr. H. Imron Rosyadi, S.H., M.H., Dr. Insyafli, M.H.I. Di Kamar Tata Usaha Negara ada nama, Dr. Sartono, S.H., M.H., M.Si., di Kamar Militer ada nama Kol. CHK (K) Tama Ulinta Br. Tarigan, S.H., M.Kn. dan Kol. Dr. Tiarsen Buaton, S.H., LL.M.

Lihat juga...