Senkom Mitra Polri, Bersihkan Pantai dari Sampah

Editor: Mahadeva WS

LAMPUNG – Potensi wisata bahari di wilayah Kalianda cukup menarik. Sayangnya, potensi tersebut kerap tercemari sampah. Hal itu, mendorong Sentra Komunikasi (Senkom) Mitra Polri Lampung Selatan (Lamsel) melakukan aksi bersih pantai.

Kegiatan tersebut digelar setiap tiga bulan sekali, dengan kegiatan serta lokasi yang berbeda-beda. “Pada pekan kedua Desember kegiatan bhakti sosial digelar di pantai Sanggar Kalianda,” ujar Ahmad Jumanto, Ketua Senkom Mitra Polri wilayah Lamsel, Minggu (9/12/2018).

Kegiatan bersih pantai, dilakukan setelah dua pekan sebelumnya wilayah Lamsel dilanda hujan deras. Material sampah plastik, batang dan ranting pohon, yang terbawa arus sungai banyak beserakan bibir pantai. Berbekal semangat untuk membantu masyarakat, Senkom Mitra Polri Lamsel mengumpulkan sampah-sampah tersebut, lalu membakarnya. Bhakti sosial sebelumnya, dilakukan dengan bersih pantai, menanam pohon peneduh.

“Kegiatan yang kami lakukan sebagai wadah kelompok sadar keamanan dan ketertiban masyarakat, tidak hanya di dekat lingkungan kami, tetapi anggota dilibatkan juga pada kepedulian akan kebersihan lingkungan terutama, memasuki musim hujan,” terang Ahmad Jumanto.

Di setiap kegiatan bhakti sosial triwulanan tersebut, Senkom Mitra Polri Lamsel mengerahkan 80 anggotanya. Mereka berasal dari sejumlah kecamatan di Lamsel. Kegiatan bersih pantai menjadi media penyadaran, bagi setiap anggota untuk ikut menjadi contoh dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan. Pilihan membersihkan pantai di Kalianda, dikarenakan, dua pekan lagi akan mendekati pergantian tahun. Kawasan tersebut, sering dimanfaatkan warga untuk kegiatan bersih diri oleh warga setempat.

Wakil ketua Senkom Mitra Polri Lamsel, Virdaus, menyebut, Senkom Mitra Polri merupakan kelompok masyarakat yang ingin berperan, membantu menginformasikan dan membantu pengamanan di wilayah sekitarnya. Selain itu, Senkom memberikan informasi tentang pentingnya pengamanan swakarsa. Pengamanan di lingkungan sebagai wujud bela negara dengan semangat patriotisme dan nasionalisme dalam wadah NKRI.

Senkom Mitra Polri Lamsel, terlibat aktif membantu Polres Lamsel, dalam kegiatan berskala besar. Di bawah pembinaan Unit Binmas Polres Lamsel, personil Senkom Mitra Polri Lamsel memiliki kegiatan triwulanan.

Lihat juga...