Sensasi Bakwan Jagung Kelor dari Flores

Editor: Mahadeva WS

296

MAUMERE – Kelor yang di Flores biasa disebut dengan Merungge, mudah ditemukan di semua pekarangan rumah warga atau kebun di daerah tersebut. Keberadaanya yang mudah diperoleh, menjadikan banyak dikonsumsi warga, sebagau sayur favorit.

“Banyak sekali sekarang ini, orang membuat aneka kue dan makanan dengan campuran Kelor, karena banyak manfaat Kelor bagi kesehatan,” sebut Maria Magdalena salah satu warga Flores, Sabtu (8/12/2018).

Maria menyebut, dulu, hampir setiap hari orang di Flores menyantap daun Kelor. Kelor biasa dimasak sebagai sayur, karena mudah diperoleh. Iklim dan tanah di Flores, menjadikan Kelor dapat tumbuh subur.

Sherly Irawati salah seorang pengusaha kuliner di kota Maumere.Foto : Ebed de Rosary

Sherly Irawati, salah seorang pengusaha kuliner di Kabupaten Sikka mengatakan, tertarik untuk membuat menu kuliner berbahan Kelor. Hasil kreasinya, mendapatkan respon positif dan banyak yang menyukainya. “Saya mencoba membuat bakwan jagung kelor, karena bahannya mudah diperoleh dan murah. Selain itu Kelor mempunyai manfaat gizi yang lumayan bagus untuk kesehatan,” tandasnya.

Untuk membuat bakwan jagung kelor, bahan yang dipergunakan tiga tongkol jagung manis, segenggam daun Kelor, lima siung bawang merah, empat siung bawang putih serta satu ruas temu kunci. Sebagai bumbu, tiga helai daun seledri, garam secukupnya, kaldu bubuk, merica, tepung terigu, sebutir telur ayam, dan tepung beras secukupnya. Jagung manis kemudian dipipil atau diserut, sementara daun Kelor, bawang merah, bawang putih dan daun seledri, diiris halus. Telur dipecahkan lalu dikocok hingga merata putih dan kuning telurnya.

“Haluskan bumbu  dan campur semua bahan lalu aduk menjadi satu. Panaskan minyak, dan goreng adonan dengan takaran sendok makan. Masukan perlahan, satu demi satu adonan tersebut,” terangnya.

Saat menggoreng, Shey menggunakan nyala api sedang dan tidak terlalu besar. Bolak balik adonan agar matangnya merata, setelah kuning keemasan angkat dan tiriskan minyaknya. “Bakwan Jagung Kelor siap dihidangkan dan enak dimakan menggunakan sambal cocolan. Porsi bahannya disesuaikan dengan jumlah orang yang mengkonsumsinya,” pungkasnya.

Baca Juga
Lihat juga...