Serangan Udara di Afghanistan Tewaskan Pemimpin Penting Taliban

Afghanistan

KABUL, AFGHANISTAN — Seorang komandan senior Taliban tewas dalam serangan udara di Provinsi Paktika, Afghanistan Tenggara, kata Kementerian Pertahanan Afghanistan pada Ahad (23/12).

Gerilyawan itu menjadi sasaran di Kabupaten Barmal, yang berbatasan dengan Wilayah Suku Waziristan Selatan, yang bergolak di Pakistan.

Tanpa menyebutkan nama komandan tersebut, pernyataan resmi itu mengatakan satu mobil menjadi sasaran dalam serangan udara yang menewaskan dua gerilyawan.

Harian Pakistan, Express Tribune, telah mengidentifikasi komandan Taliban itu sebagai Saifullah.

Sayed Ghafoor Ahmad Jawed, Juru Bicara Kementerian Pertahanan Afghanistan mengatakan kepada Kantor Berita Anadolu –yang dipantau di Jakarta, Senin pagi (24/12/2018)– Angkatan Udara Afghanistan telah melancarkan serangan udara pada musim dingin untuk menyerang komandan senior gerilyawan garis keras.

“Dalam waktu kurang dari satu bulan, sebanyak 15 gerilyawan penting, termasuk gubernur bayangan Taliban, komandan regioanl seperti Mulla Mana, Pir Agha dan Bilal Zadran, telah disingkirkan dan operasi ini akan berlanjut,” katanya.

Operasi tersebut dilancarkan saat saat perunding senior perdamaian AS Zalmay Khalilzad belum lama ini bertemu dengan wakil Taliban bersama dengan utusan dari Pakistan, Uni Emirat Arab dan Arab Saudi di Abu Dhabi, UAE, dalam upaya untuk menghidupkan proses perdamaian, yang macet. [Ant]

Lihat juga...