Seribu Lebih Siswa SD di Purwokerto Gosok Gigi Bersama

Editor: Satmoko Budi Santoso

PURWOKERTO – Guna menanamkan kebiasaan hidup bersih dan sehat, Rotary Purwokerto bekerjasama dengan Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Kamis (13/12), menggelar acara cuci tangan dan gosok gigi bersama bagi siswa Sekolah Dasar (SD).

Acara yang berlangsung di alun-alun Kota Purwokerto tersebut, diikuti oleh 1.137 siswa dari lima belas SD di Kabupaten Banyumas.

Direktur RSGM Unsoed, Arwita Mulyawati, mengatakan, kegiatan ini dalam rangka mendorong anak untuk hidup sehat dan bersih, dengan cara rajin cuci tangan dan gosok gigi secara benar. Dalam acara tersebut anak-anak diajarkan cara menggosok gigi yang benar, yaitu dengan cara menggosok arah atas-bawah dan memutar.

ʺTangan ini muara dari semua penyakit dan mulut juga penampungan dari seluruh makanan yang masuk ke tubuh kita, sehingga kebersihannya harus diperhatikan,ʺ terangnya.

Direktur RSGM Unsoed, Arwita Mulyawati – Foto: Hermiana Effendi

Menurut Arwita, saat ini kesadaran anak-anak untuk mencuci tangan masih sangat rendah. Hal ini akibat faktor kebiasaan yang ditanamkan lingkungan dan keluarga. Sehingga butuh edukasi secara terus-menerus. Begitu pula dengan sikat gigi, masih banyak yang salah dalam melakukannya.

Terbukti, kasus gigi dan mulut masih sangat banyak. RSGM Unsoed sendiri dalam satu hari ada seratus lebih pasien gigi dan mulut. Sebagian besar kasusnya adalah karang gigi dan penyakit gusi.

Menurut Arwita, gosok gigi minimal dua kali sehari, sudah banyak dilakukan. Namun, cara gosok giginya masih banyak yang salah, sehingga kebersihan mulut tidak maksimal.

Karena itu, dalam acara gosok gigi, siswa SD dibentuk kelompok-kelompok kecil dan masing-masing kelompok didampingi mahasiswa kedokteran gigi dan mulut Unsoed. Mereka memberikan contoh cara gosok gigi yang benar dan mengajak anak-anak gosok gigi secara benar bersama-sama.

Sementara itu, Presiden of Rotary Purwokerto, Agus Nur Hadie menyampaikan, ada tiga fokus agenda Rotary, yaitu kesehatan ibu, kesehatan anak dan lingkungan. Kegiatan hari ini fokus pada kesehatan anak, yaitu dengan menanamkan pola hidup bersih dan sehat pada siswa-siswa SD.

ʺAnak-anak harus dibiasakan hidup bersih dan sehat sedini mungkin, dengan harapan ke depan mereka akan terbiasa untuk hidup sehat,ʺ tuturnya.

Lihat juga...