Serunya Naik ‘Angsa’ Keliling Indonesia

Editor: Koko Triarko

JAKARTA – Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menampilkan wahana wisata Danau Miniatur Arsipel Indonesia, dengan naik Angsa keliling kepulauan Indonesia. Wahana wisata ini salah satu yang digemari pengunjung yang menikmati liburan pergantian tahun. Sambil mengayuh pedal, Perahu Angsa akan terdorong maju dan siap membawa pengunjung berkeliling Indonesia. 

Animo pengunjung TMII untuk menikmati liburan jelang pergantian tahun dengan naik Perahu Angsa, sangat besar. Pengunjung rela antre menunggu giliran dengan sabar di dermaga. Sementara, pengunjung lain terus masuk melakukan pembelian tiket.

Masing-masing pengunjung tampak menikmati suasana libur wisata keliling kepulauan Indonesia. Mereka terlihat sambil bercanda ria di atas perahu.

Saat melewati tepian danau di depan anjungan Kalimantan Selatan, mereka pun melambaikan tangan kepada keluarganya yang duduk di tepian danau.

Rima, warga Sulsel yang berlibur ke TMII mengajak anaknya naik perahu angsa di Danau Miniatur Arsipel Indonesia TMII, Jakarta, Senin (31/12/2018). -Foto; Sri Sugiarti

“Saya dari Sulawesi Selatan, liburan ke Jakarta, jalan-jalan ke TMII. Ini naik Angsa mau keliling pulau Indonesia, nanti mampir dulu di Sulsel, kampung saya,” kata Rima, kepada Cendana News, ditemui di dermaga Danau Miniatur Arsipel Indonesia, Senin (31/12/2018).

Rima mengaku sudah empat hari berada di Jakarta, dan menyempatkan untuk wisata ke TMII, bersama suami dan anaknya.

“Kita tadi kunjungan ke anjungan Sulsel dan daerah lainnya, terus ke istana anak dan naik angsa ini. Seru, ya ngayuh angsa keliling Indonesia, anak saya senang banget,” tandasnya.

Sapto, warga Tangerang, mengaku setiap ke TMII selalu wisata mengelilingi kepulauan Indonesia, bersama keluarganya dengan naik angsa mesin.

“Saya kalau ke Taman Mini selalu naik perahu angsa mesin. Kalau angsa manual, nggak cukup, soalnya kan berlima. Biar seru keliling Indonesianya, ya naik angsa mesin bisa sekeluarga,” ujar Sapto.

Kepala Bidang Humas TMII, Jerrymias PT. Lahama, mengatakan, Danau Miniatur Arsipel Indonesia adalah sebuah danau yang menggambarkan kepulauan Indonesia. Di tengahnya terdapat pulau-pulau sesuai dengan kepulauan Indonesia, aslinya.

“Peta Indonesia sengaja ditampilkan di tengah area TMII. Di pinggir-pinggirnya itu bertaburan anjungan atau rumah adat daerah. Dengan naik angsa dari dermaga, ibarat kita mau menyeberangi lautan ke pulau atau daerah yang dituju, meskipun danau ini simbol,” ujar Jerry, Senin (31/12/2018).

Menurutnya, pengunjung yang ingin berwisata keliling Danau Miniatur Arsipel bisa memanfaatkan Perahu Angsa yang lokasinya juga masih dalam satu area di TMII.

Wahana rekreasi ini berada di muka pintu masuk ke Anjungan Provinsi Jawa Tengah, atau tidak jauh dari bawah jembatan Danau Miniatur Arsipel Indonesia.

Lihat juga...