Singkirkan Leicester, Manchester City ke Semifinal Carabao Cup

Editor: Makmun Hidayat

LEICESTER — Manchester City melenggang ke semifinal Carabao Cup setelah melewati adangan Leicester City di babak perempat final. Tragis bagi Leicester karena harus tersingkir di markasnya sendiri, King Power Stadium melalui skema adu penalty setelah laga waktu normal berakhir imbang 1-1.

Duel kedua tim merupakan pengulangan duel di fase yang sama musim lalu. Saat itu, The Citizen keluar sebagai pemenang juga melalui adu penalti dan mengantar skuad asuhan Pep Guardiola mengangkat trofi untuk kelima kalinya.

Sedangkan bagi Leicester duel ini menjadi percobaan lain agar bisa lolos untuk pertama kalinya ke babak semifinal sejak musim 1999-2000. Saat itu mereka berhasil mengangkat trofi. Tapi percobaan kali ini belum berhasil dan The Citizen lebih berhak melaju.

Leicester mengawali laga dengan cukup baik. Tekanan langsung diberikan kepada tim tamu. Tim tamu memberikan respons cepat dan beberapa kali menekan tuan rumah. Beberapa peluang lahir dari kedua tim pada 10 menit babak pertama.

Publik tuan rumah akhirnya dipaksa terdiam setelah Kevin De Bruyne yang kembali masuk starting XI The Citizen memecah kebuntuan di menit 14. Gol brilian De Bruyne membuat City unggul 1-0. Keunggulan ini membuat anak asuh Pep Guardiola semakin nyaman mengolah sikulit bundar. Meski begitu, Leicester masih terus mencoba peruntungan mencetak gol penyeimbang.

Di babak kedua City melanjutkan tekanan sementara tuan rumah mengandalkan skema serangan balik untuk mencetak gol. Kevin De Bruye yang membuka keunggulan City ditarik keluar menit 71 dan digantikan Ilkay Gundogan. Dua menit berselang, Leicester berhasil mencetak gol penyeimbang melalui Marc Albrighton

Sisa laga kedua tim berlangsung semakin seru. Baik City maupun Leicester saling serang untuk menambah gol. Tapi sayang hingga wktu normal berakhir, skor imbang 1-1 tetap bertahan dan laga dilanjutkan dengan adu penalti.

Hary Maguire yang menjadi eksekutor pertama Leicester berhasil menaklukkan kiper The Citizen. Berikutnya giliran Ilkay Gundogan yang membuat skor kembali imbang. Fuchs membuang peluang dan tembakannya melambung di atas mistar gawang City.

Raheem Sterling juga gagal menunaikan tugasnya sebagai eksekutor. Eksekutor Leicester berikutnya Maddison juga gagal. Namun Gabriel Jesus membuat City unggul dan Oleksandr Zinchenko mematikan tiket semifinal dengan keunggulan 3-1.

Lihat juga...