Stasiun Kotabaru Malang Tambah Dua Rangkaian KA

Ilustrasi kereta api - Foto: Dokumentasi CDN.

MALANG – Stasiun Kotabaru Malang, menambah dua rangkaian Kereta Api (KA), mengantisipasi meningkatnya penumpang selama Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Dua rangkaian kereta tambahan tersebut, KA Eksekutif Gajayana relasi Malang-Gambir, dan KA Matarmaja relasi Malang-Senen.

“Dua kereta tambahan itu beroperasi mulai Jumat (14/12/2018). Ada satu set rangkaian untuk kereta eksekutif dan satu set rangkaian untuk kereta ekonomi. Keduanya tujuan Jakarta,” ujar Kepala Stasiun Kotabaru Malang, Radne Anyarso Tulad, Sabtu (15/12/2018).

Untuk kapasitas tempat duduk kereta tambahan, total ada 1.200 kursi per hari. Pada momen libur Natal dan Tahun Baru, jumlah penumpang di Stasiun Kotabaru Malang diprediksi naik sekira tiga persen. Pada libur Natal 2017, jumlah penumpang mencapai sekira 105 ribu orang. Tahun ini, diprediksikan bisa naik menjadi sekira 107 ribu penumpang. Kemungkinan kenaikan jumlah penumpang akan terjadi pada akhir pekan ini.

Hal itu memperhitungkan, aktivitas sekolah di sebagian daerah sudah selesai, dan masuk masa libur semester. “Puncak kepadatan penumpang pada libur Natal akan terjadi pada 22 Desember 2018. Sedangkan saat momen libur Tahun Baru, puncak kepadatannya terjadi pada 1 Januari 2019,” tuturnya.

Lihat juga...