hut

Stok Darah Golongan B PMI Pangkalpinang, Kosong

PANGKALPINANG  – Stok darah golongan B di Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengalami kekosongan bersamaan meningkatnya permintaan saat ini.

“Saat ini hanya darah golongan B yang kosong, sementara lainnya mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang Natal dan tahun baru,” kata petugas PMI Kota Pangkalpinang, Muhammad Randy, saat kegiatan donor darah HUT ke-58 PT Jasa Raharja di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan, permintaan darah ini tidak hanya di rumah sakit, tetapi klinik-klinik sehat se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Untuk memenuhi kebutuhan darah golongan B ini, kita hanya mengandalkan darah dari pendonor keluarga pasien yang membutuhkan darah,” ujarnya.

Selain itu, PMI mengajukan permohonan kepada mitra kerja seperti Polresta Pangkalpinang, agar aparat kepolisian bisa menyumbangkan darah golongan yang dibutuhkan keluarga pasien.

“Saat ini kesadaran masyarakat mendonorkan darah masih kurang, sehingga mempengaruhi ketersediaan darah untuk memenuhi permintaan pasien yang dirawat di seluruh rumah sakit daerah ini,” katanya.

Menurut dia, dalam meningkatkan kesadaran masyarakat ini, pihaknya mengoptimalkan kegiatan sosialisasi dan berkirim surat ke instansi, perusahaan BUMN serta swasta untuk menggelar donor darah massal setiap kegiatan sosial instansi tersebut.

Selain itu, pihaknya juga mengoptimalkan pelayanan, guna memotivasi masyarakat mendonorkan darahnya.

“Kita mengapresiasi kegiatan donor darah HUT ke-58 PT Jasa Raharja ini, karena dapat menambah ketersediaan darah masyarakat menjelang dan setelah Natal dan Tahun Baru ini,” katanya. (Ant)

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!