Sulsel Mulai Terapkan Tilang Lewat CCTV

Ilustrasi - Dok CDN

MAKASSAR – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sulawesi Selatan, mulai menerapkan sistem penindakan langsung (tilang) melalui kamera pengawas atau Closed Circuit Television (CCTV).

“Persiapan sudah lama, sarana dan prasarana infrastruktur juga sudah dipenuhi. Kini penerapannya sudah bisa kita lakukan pekan ini,” ujar Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani, di Makassar, Senin (17/12/2018).

Ia mengatakan, pemberlakuan sistem penindakan langsung dengan bantuan alat kamera CCTV, dinilainya jauh lebih tepat dan efektif memantau secara langsung pergerakan para pengendara, baik roda dua maupun roda empat.

Menurut dia, para pengendara yang melanggar beberapa aturan, khususnya melanggar aturan lampu pengatur lalu lintas (traffic light), tidak memakai helm bagi pengendara roda dua maupun lainnya, akan langsung terekam melalui CCTV.

Bagi para pengendara yang terpantau kamera CCTV, kata dia, akan langsung terekam dan sensor langsung melakukan pemindaian identitas pelanggar.

“Sistemnya itu awalnya terpantau dan terekam. Kemudian sistem ETLE (Elektronik Traffic Law Enforcement) langsung memindai identitas pelanggar, lalu mengirimkan bukti tilangnya melalui email dan sebagainya,” katanya.

Direktur Lalu Lintas Polda Sulsel, Kombes Pol Agus Wijayanto, menambahkan, tilang dengan camera CCTV, khususnya di kota Makassar, baru akan diluncurkan pada Senin 24 Desember 2018 di Command Center Polrestabes Makassar.

Lihat juga...