Tabur Puja Sejahtera Argomulyo, Bertekad Hilangkan Keluarga Miskin

Editor: Mahadeva WS

YOGYAKARTA – Melalui Unit Koperasi Tabungan Kredit Pundi Sejahtera (Tabur Puja), KUD Sahabat Damandiri Sejahtera Argomulyo, bertekad mengangkat kondisi ekonomi masyarakat kurang mampu yang ada di daerah tersebut.

Managet Unit Tabur Puja KUD Sahabat Damandiri Sejahtera Argomulyo, Banar Lucia – Foto: Jatmika H Kusmargana

Melalui gelontoran dana modal usaha senilai Rp3 miliyar yanhg diberi Yayasan Damandiri, Unit Koperasi Tabur Puja ditargetkan dapat membantu pengembangan usaha warga miskin di desa Argomulyo. Yang menjadi sasaran kelompok keluarga pra sejahtera maupun kelompok keluarga sejahtera satu.

“Kita mendapatkan alokasi dana bantuan mencapai Rp3 miliar dari Yayasan Damandiri secara bertahap. Dana ini nantinya akan dimanfaatkan sebagai pinjaman modal usaha bagi warga Desa Argomulyo, yang merupakan Desa Mandiri Lestari binaan Yayasan Damandiri. Targetnya di 2020 ada 15 kelompok Tabur Puja yang tersebar di 14 dusun,” ujar Manager Unit Tabur Puja KUD Sahabat Damandiri Sejahtera Argomulyo, Banar Lucia, Minggu (9/12/2018).

Banar Lucia menyebut, sejak lima bulan berdiri, saat ini sudah ada lima kelompok Tabur Puja yang didirikan. Kelompoknya tersebar di sembilan dusun yang ada di desa Argomulyo. Masing-masing kelompok Tabur Puja, telah menyalurkan dana pinjaman modal usaha ke setiap anggotanya senilai Rp2 juta per orang. Satu kelompok Tabur Puja memiliki anggota 50 hingga 100 orang.

“Setiap kelompok Tabur Puja, memiliki sub-sub kelompok. Satu sub kelompok biasanya berisi 10 hingga 15 anggota dengan satu orang pengurus. Mereka bisa memilih anggotanya sendiri. Namun harus diprioritaskan untuk warga kurang mampu, yang memiliki usaha,” jelasnya.

Di desa Argomulyo, saat ini tercatat ada 456 warga yang termasuk dalam golongan kelompok keluarga pra sejahtera. Kemudian ada 897 warga, yang masuk kelompok keluarga sejahtera satu. Mereka menjadi target penerima bantuan pinjaman modal usaha melalui Unit Koperasi Tabur Puja KUD Sahabat Damandiri Sejahtera Argomulyo.

“Target kita memang mengurangi jumlah angka keluarga pra sejahtera dan sejahtera satu yang ada. Namun tentu tidak semua keluarga tersebut bisa kita bantu. Akan lebih kita prioritaskan pada keluarga pra sejahtera maupun sejahtera satu yang produktif. Artinya mereka memiliki usaha,” tambahnya.

Selain menjari sumber modal usaha bagi warga kurang mampu, unit Koperasi Tabur Puja juga diharapkan mampu mengurangi ketergantungan warga pada rentenir atau bank plecit. Pasalnya, pinjaman modal usaha Tabur Puja, memiliki bunga yang jauh lebih ringan, serta proses pencarian yang sangat mudah.

Lihat juga...