Tahun Depan, Tol Bocimi Beroperasi Hingga Sukabumi

Ilustrasi Jalan Tol - Dok CDN

SUKABUMI – Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, memperkirakan, di 2019 Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) sudah bisa beroperasi hingga Sukabumi.

“Belum lama ini, Presiden RI Joko Widodo meresmikan Tol Bocimi sesi I, yakni dari Ciawi hingga Cigombong, Kabupaten Bogor, dengan pangjang 15,35 kilometer dan saat ini pembangunannya sudah mulai masuk sesi II yakni Cigombong-Cibadak, Kabupaten Sukabumi,” kata Kepala Dishub Kabupaten Sukabumi, Thendy Hendrayana, Minggu (9/12/2018).

Untuk panjang jalan bebas hambatan sesi II, sekira 11,9 kilometer. Menurutnya, pembangunan jalan tol oleh pemerintah pusat, akan membantu masyarakat Sukabumi, yang ingin bepergian ke Bogor maupun Jakarta. Meskipun baru sesi I yang dioperasionalkan, minimalnya sudah bisa mengurangi waktu tempuh menuju Ciawi. Perjalanan yang biasanya memakan waktu satu hingga dua jam, sekarang bbisa ditempuh 15 menit.

Jika sesi II dioperasionalkan, tentunya akan lebih mempercepat waktu tempuh. Dan bisa mengurai kemacetan yang saat ini sudah kronis. Pemerintah daerah terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat, terkait megaproyek pembangunan sarana perhubungan darat tersebut.

Pemkab Sukabumi membantu dalam hal sosialisasi pembebasan lahan, agar warga yang lahan atau rumahnya terdampak mau dibebaskan, dan tentunya dengan harga yang setimpal. “Jalan tol merupakan mimpi warga Sukabumi sejak puluhan tahun lalu, bahkan pembangunannya pun sempat mangkrak dua kali, sehingga setelah kini pemerintah pusat mengambil alih pembangunan akhirnya bisa terwujud,” tambahnya.

Thendy mengatakan, di Kabupaten Sukabumi saat ini tengah dilakukan pembangunan konektivitas perhubungan oleh pemerintah pusat. Selain Tol Bocimi, ada juga jalur ganda kereta api jurusan Sukabumi-Bogor, dan dalam waktu dekat akan ada pembangunan Bandara Sukabumi.(Ant)

Lihat juga...