Tak Ada Pembatalan Penyeberangan Kupang-Rote

Ilustrasi kapal penyeberangan - Dokumentasi CDN

KUPANG – Manajer PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) Cabang Kupang, Nusa Tenggara Timur, Burham Zahim, menegaskan, tidak ada pembatalan pada lintasan penyeberangan Kupang-Rote Ndao-Kupang.

“Manajemen hanya mengubah jam keberangkatan untuk menyesuaikan cuaca di wilayah perairan laut, pada lintasan Kupang-Rote-Kupang,” kata Burham Zahim, di Kupang, Rabu (19/12/2018).

Dia mengemukakan hal itu, terkait pemberitaan seputar keluhan para pengguna jasa Kapal Feri, pada lintasan penyeberangan Kupang-Rote tentang pembatalan pelayaran.

Menurut dia, memang ada pembatalan pelayaran ke beberapa lintasan penyeberangan di NTT sejak 13 Desember 2018, tetapi khusus lintasan Kupang-Rote Ndao, tidak ada pembatalan.

Seorang calon penumpang kapal feri tujuan Rote, Aldi Tanof, mengaku kecewa tidak jadi mudik ke kampung halamannya akibat cuaca buruk, sehingga pelayaran kapal feri menuju Kabupaten Rote, dibatalkan.

“Tadi tiba di pelabuhan pukul 07.00 WITA. Saya baru pulang kerja dari Papua. Tiba di pelabuhan Tenau mau langsung dengan kapal feri ke Rote,” ungkap Aldi.

Aldi bersama empat rekannya yang baru saja tiba di Kota Kupang dari tanah rantau, pun hanya bisa menunggu di area pelabuhan tersebut.

Burham menjelaskan, khusus pada lintasan penyeberangan Kupang-Rote-Kupang, hanya mengubah jam keberangkatan. Jam pemberangkatan kapal secara normal dari Pelabuhan Bolok Kupang, biasanya pukul 08.00 WITA dimajukan ke pulul 06.00 WITA.

Sementara dari Rote, maju dua jam atau berangkat lebih awal dua jam dari pemberangkatan normal pukul 12.00 WITA. “Jadi, khusus Kupang-Rote sampai dengan hari ini belum ada pembatalan. Setiap hari dilayani dengan memajukan jam kemberangkatan,” katanya. (Ant)

Lihat juga...