Tanggul Muara Baru Bocor, Anies Minta Masyarakat Sabar

Editor: Satmoko Budi Santoso

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menuturkan, tengah mencari solusi agar tanggul di Muara Baru, Jakarta Utara, tak bocor lagi.

Pasalnya air laut masuk melalui celah retakan dari tanggul yang masih dalam perbaikan, sehingga menyebabkan genangan setinggi lima centimeter.

“Nanti saya akan lihat yang di Muara Baru, sehingga kita tidak mengalami masalah itu berulang, pasti akan ada tindakan,” kata Anies di kawasan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Rabu (12/12/2018).

Kemudian dia meminta masyarakat untuk bersabar dalam proses pembenahan tanggul itu. Sebab, mantan Rektor Universitas Paramadina itu berharap tanggul yang nantinya diperbaiki tidak kembali rusak pada tahun berikutnya. Namun dia menyayangkan masalah tanggul rembes terjadi berulang.

“Yang tidak boleh terjadi adalah masalah yang sama berulang dari tahun ke tahun tanpa ada langkah penyelesaian. Sebagian di langkah penyelesaian bisa dilakukan dalam 1 periode dan beres. Sebagian harus dilakukan lintas tahun,” ujarnya.

Dia pun mencontohkan banjir di Cipinang Melayu dan Jatipadang yang menurutnya berkurang setelah ia menginstruksikan pembangunan tanggul. Dia mengatakan, mestinya masalah yang sama persis tidak terjadi lagi.

“Apakah menyelesaikan seluruh masalah? Belum tetapi minimal masalah yang sama jangan berulang,” ujar dia.

Lihat juga...