Tim Jejaring Pangan Babel Sidak Buah Impor

PANGKALPINANG  – Tim Jejaring Keamanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) inspeksi mendadak buah dan sayur impor, guna memastikan pangan segar yang ada aman dan terbebas dari bahan kimia yang merugikan masyarakat.

“Kegiatan ini guna mengantisipasi beredarnya buah dan sayur mengandung formalin, pestisida di pasar modern dan tradisional menjelang Natal dan Tahun Baru 2019,” kata Koordinator Sidak Tim Jejaring Keamanan Pangan Provinsi Kepulauan Babel, Pairus, di Pangkalpinang, Sabtu.

Selain itu, kegiatan sidak buah impor ini untuk menindaklanjuti laporan masyarakat terkait banyaknya apel asal Amerika mengandung formalin beredar di pasar modern dan tradisional.

“Kita sudah mengambil beberapa sampel apel Amerika itu dan tidak ditemukan buah itu mengandung formalin atau pestisida,” ujarnya.

Menurut dia, pengawasan buah dan sayur mayur segar ini merupakan kegiatan rutin, guna mencegah peredaran pangan segar impor ilegal dan mengandung bahan kimia yang menimbulkan berbagai penyakit berbahaya.

“Kegiatan ini lebih diitensifkan mengingat permintaan buah dan sayur masyarakat menjelang Natal dan Tahun Baru mengalami peningkatan,” katanya.

Ia menambahkan, meski tidak ditemukan pangan segar yang mengandung bahan kimia, namun diharapkan masyarakat tetap waspada dengan teliti sebelum membeli buah dan sayur mayur.

“Kami berharap masyarakat melapor jika menemukan buah dan sayur impor ilegal, mengandung bahan kimia dan tidak layak dikonsumsi seperti busuk serta lainnya,” ujarnya.

Selain itu, diminta pedagang dan pengelola ritel, minimarket, swalayan untuk selalu melakukan pengawasan dan pengecekan atas bahan pangan yang dijual, agar bahan pangan yang dijual tidak tercemar mikroba ataupun kontaminasi lainnya.

“Kita akan menindak tegas pedagang dan ritel yang dengan sengaja menjual pangan tidak layak konsumsi sesuai aturan berlaku, karena merugikan konsumen,” katanya.  (Ant)

Lihat juga...