Tim SAR Temukan 8 Korban Longsor di Toba Samosir

Editor: Koko Triarko

Kepala Pusat Data Informasi da. Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho -Foto: M Hajoran

JAKARTA – Frekuensi longsor terus meningkat, seiring dengan meningkatnya curah hujan saat ini. Jutaan masyarakat terpapar ancaman longsor, dengan kemampuan mitigasi bencana yang masih minus. Akibatnya, longsor sering menelan korban jiwa.

“Tim SAR gabungan berhasil menemukan 8 jenazah tertimbun longsor di Desa Halado, Kecamatan Pintu Pohan, Kabupaten Toba Samosir, Sumatra Utara, pada Kamis dini hari sekitar pukul 02.00 WIB,” kata Sutopo Purwo Nugroho Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB di Jakarta, Kamis (13/12/2018).

Lebih lanjut, Sutopo menjelaskan, bahwa longsor tersebut   menimbun empat rumah, dengan 12 orang warga di dalam rumah saat masih tidur, 2 orang masih dalam pencarian, dan 2 orang selamat dalam kondisi luka-luka. Korban dibawa ke rumah sakit terdekat.

Sutopo menyebutkan, akibat hujan terus-menerus yang berlangsung sejak Minggu hingga Kamis, menyebabkan longsor di beberapa tempat. Posisi rumah berada di bawah lereng perbukitan, sehingga material longsor di perbukitan langsung meluncur dan menimbun 4 rumah di bawahnya.

“Tim SAR gabungan dari BPBD Toba Samosir bersama dengan TNI, Polri, Basarnas, SKPD, relawan dari PT Inalum, PT Jasa Tirta, PT Badjra Daya, PT TPL, relawan lain dan masyarakat, terus melakukan pencarian dan evakuasi korban,” ujarnya.

Bupati dan Wakil Bupati Tobasa telah meninjau ke lokasi bencana, di mana sudah ada 5 unit alat berat dikerahkan untuk membantu proses pencarian dan evakuasi korban longsor.

Lihat juga...