Tokoh Lintas Agama Bekasi, Sepakat Pertahankan Toleransi

Editor: Satmoko Budi Santoso

BEKASI – Tokoh lintas agama di Kota Bekasi, Jawa Barat, sepakat untuk terus menjaga sikap toleransi antarumat beragama. Hal itu untuk mempertahankan anugerah Kota Bekasi sebagai Kota Toleran keenam di Indonesia.

“Ini adalah syukuran atas anugerah Kota Bekasi, mendapat peringkat keenam sebagai Kota Toleran. Kumpul sebagai ajang silaturahmi untuk terus memupuk rasa kebersamaan sebagai warga Kota Bekasi,” ujar Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, usai menghadiri acara silaturahmi antarumat beragama di Islamic Center, Senin (17/12/2018).

Pemerintah Kota Bekasi, imbaunya, akan terus memberikan rasa aman, rasa nyaman dan mempunyai kesepahaman yang sama, misalnya dalam hak mendapatkan pendidikan, kesehatan pun harus terjamin. Dia mengucapakan terima kasih atas peran semua pihak dalam menciptakan kedamaian di Kota Bekasi.

Menurutnya, capaian sebagai Kota Toleran keenam, atas dedikasi para tokoh lintas agama yang telah ikut mendorong Kota Bekasi menjadi kota yang penuh ragam etnik, ras, budaya, dan agama sehingga Kota Bekasi mampu mengemban visi yang Ihsan.

“Saya mengajak semua elemen terus memupuk kebersamaan dalam pencapaian visi Kota Bekasi yang ihsan, dengan tetap menjaga kedamaian, rajut kebersamaan, perkokoh persatuan dan kesatuan agar bisa memahami toleransi umat beragama,” papar Rahmat Effendi.

Sementara, Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombespol Indarto, mengaku, keberagaman suku dan agama di Kota Bekasi cukup heterogen.

“Harusnya Bekasi mendapat peringkat utama sebagai kota Toleran se-Indonesia,” ucapnya.

Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Pol Indarto – Foto Muhammad Amin

Dalam kesempatan itu, dia mengajak semua elemen masyarakat di Kota Bekasi, untuk menjaga prasangka baik. Maka, dalam menentukan langkah pun akan baik. Begitu pula dalam aspek komunikasi, karena toleransi juga akan diuji dengan seberapa tangguh melawan hoak.

“Jangan menyebarkan hoak tapi menyebarkan berita bukan hoak. Harus proaktif melawan hoak sehingga toleransi akan tetap terjaga dan akan meningkat,” ungkap Indarto.

Silaturahmi antarumat di Kota Bekasi dihadiri oleh Kapolres Metro Bekasi Kota, Dandim 05/07 Bekasi, dan tak lupa para tokoh lintas agama dari Ketua Majelis Ulama Indonesia Cabang Kota Bekasi, Ketua Dewan Masjid Indonesia Kota Bekasi, Dewan Dakwah Kota Bekasi, Ketua FKUB, Forkopinda, Perwakilan dari anggota DPRD Kota Bekasi, serta tokoh lintas agama dari non muslim lainnya.

Kepala Kesbangpol Kota Bekasi, Abdillah, usai acara dikonfirmasi menegaskan, silaturahmi antarumat beragama di Kota Bekasi untuk memperkuat kebersamaan dalam menciptakan toleransi di Kota Patriot. Melalui kegiatan itu, Abdillah berharap, mampu mewujudkan kenyamanan dan ketentraman bagi segenap warga kota Bekasi.

“Melalui silaturahmi ini dapat menciptakan kenyamanan terutama dalam melaksanakan kegiatan keagamaan menurut kepercayaan masing-masing. Semoga Kota Bekasi bisa menduduki urutan pertama sebagai Kota Toleran tahun depan,” pungkas Abdillah.

Lihat juga...