Tottenham Gelontor Gawang Everton dengan Enam Gol

Editor: Makmun Hidayat

LIVERPOOL — Tottenham Hotspur melanjutkan tren positif di Liga Primer musim ini. Bertandang ke Goodison Park, The Lilywhites menggunduli tuan rumah Everton dengan skor telak 6-2. Tambahan tiga poin cukup untuk mendekatkan The Lilywhites dengan Manchester City di urutan dua klasemen.

Pada laga yang digelar Senin pagi, Tottenham sempat tertinggal setelah Theo Walcott mencetak gol pembuka The Toffees. Namun, skuad asuhan Mauricio Pochettino berhasil bangkit dan berbalik unggul sekaligus memastikan diri sebagai pemenang laga.

Dengan hasil ini, Tottenham masih berada di urutan tiga klasemen namun margin poin dengan Manchester City kini hanya tersisa dua. Sedangkan Everton tertahan di papan bawah klasemen dengan catatan sekali menang dari tujuh laga terakhir.

Bermain di depan pendukung sendiri, Everton nyaris membuka keunggulan di menit 10 saat melepas sundulan yang masih melebar dari gawang Tottenham. Tim tamu langsung membalas melalui Harry Kane dan Kieran Trippier namun belum berhasil berbuah gol.

Tuan rumah akhirnya memecah kebuntuan. Berawal dari usaha Dominic Calvert-Lewin yang membotong bola kemudian dikonversi Theo Walcott menjadi gol di menit 21. Tim tamu tak butuh waktu lama untuk menyamakan skor. Enam menit berselang Heung-Min Son membuat skor berubah 1-1.

Gol gelandang asal Korea Selatan menginspirasi lahirnya gol kedua. Kali ini giliran Dele Alli yang mencatatkan namanya di papan skor pada menit 35. Tembakan setengah voli dari Alli meluncur ke pojok gawang Jordan Pickford setelah sang kiper mementahkan percobaan Son.

Tujuh menit kemudian Harry Kane memperlebar keunggulan Tottenham. Kane mengirim bola ke gawang yang kosong setelah set piece dari tripper dari jarak jauh hanya membentur tiang gawang. The Lilywhites menutup babak pertama dengan keunggulan 3-1.

Tiga menit usai jeda, Tottenham menambah gol melalui Christian Eriksen. Kegagalan pemain Everton mengamankan umpan silang Kane disambut Eriksen dengan tendangan voli yang meluncur ke pojok gawang bawah Pickford.

Tak ingin jadi pecundang, Gylfi Sigurdsson mengubah skor menjadi 2-4 di menit 51. Tapi sayang, selang 10 menit berikutnya Son mencetak gol kedua ke gawang Everton dan digenapi gol Harry Kane yang juga mencetak gol keduanya di laga itu pada menit 74. Laga berakhir dengan skor 6-2.

Lihat juga...