Transportasi Aceh Selatan-Subulussalam Lumpuh

Ilustrasi - Dok: CDN

BANDA ACEH – Transportasi darat dari Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan ke Kota Subulussalam, Provinsi Aceh lumpuh. Jalan nasional di Desa Ladang Rimba, terendam banjir kiriman.

Warga Aceh, Suprizal, menyatakan, laporan Koordinator Satgas SAR Aceh Selatan, Mayferi, transportasi darat lumpuh mulai Minggu (16/12/2018) sejak pukul 11.00 WIB. Terjadi antrean panjang kenderaan di lokasi banjir. Ketinggian air di badan jalan, tepatnya di Desa Ladang Rimba, Kecamatan Tromon Tengah, Aceh Selatan, antara satu hingga 1,5 meter. Banjir tersebut diakibatkan meluapnya Sungai Alas di Kabupaten Aceh Tenggara.

Banjir terjadi menyusul hujan lebat yang mengguyur wilayah itu dalam beberapa hari terakhir ini. Kenderaan roda empat sejak pukul 11.00 WIB sudah tidak bisa melewati jalan tersebut. “Sepeda motor harus menggunakan becak,” sebutnya.

Kondisi banjir tersebut juga berpengaruh terhadap hubungan transportasi darat ke wilayah di pedalaman Aceh Selatan, seperti Kawasan Bulosemak. Ribuan warga di enam desa di Kecamatan Trumon Tengah dan Kecamatan Trumon, Aceh Selatan, sudah mengungsi. Enam desa yang terendam banjir adalah, Desa Lhokraya, Cot Bayen, Titi Poben, Desa Kapai Sesak, dan Senebok Pusuk di Kecamatan Trumon Tengah dan satu desa di Kecamatan Tromon.

Sufrizal menyatakan, musibah banjir di kawasan Trumon hampir terjadi setiap tahun. “Saya berharap Pemerintah Pusat dan Pemerintah Aceh mengambil tindakan, mengingat musibah ini sudah menahun,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...