Tsunami Selat Sunda, DKI Terus Kirim Bantuan

Editor: Mahadeva

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Saefullah – Foto Lina Fitria

JAKARTA – Pemprov DKI Jakarta, masih terus memberi bantuan kepada korban bencana tsunami di Selat Sunda. Bantuan yang diberikan, mulai dari personel hingga kebutuhan peralatan berat.

“Sampai dibutuhkan oleh pemerintah setempat baik Banten ataupun Lampung, ya kita akan optimalkan tenaga kita. Mulai dari dokter, paramedik, dan juga tenaga lainnya. Tenaga kita juga sangat tangguh, alat-alat berat juga bisa kita kirimkan,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov DKI Jakarta, Saefullah, Rabu (26/12/2018).

Pemprov DKI Jakarta, juga mengirim bantuan ambulans. sebanyak 12 unit. Armada tersebut telah dikirim sejak hari pertama bencana terjadi. “Ambulans, saya rasa bolak-balik. Pertama datang enam, kemudian kita kirimkan empat lagi, masih ada yang stand by di sana. Saya rasa tidak kurang dari 12,” tuturnya.

Saefullah menyebut, besaran dana yang bakal dikucurkan untuk bantuan tersebut masih bersifat tentatif. Dana APBD, digunakan untuk membeli alat-alat, dan berbagai macam bantuan yang langsung dikirim ke lokasi bencana. “Totalnya masih tentatif ya, belum ada yang dari APBD. Tapi kalau bantuan kita dari BPBD berupa alat-alat dan sebagainya, itu kan dibeli dari APBD, itu secara tidak langsung ada juga kontribusi,” tuturnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, sudah mengirimkan mobil ambulans, untuk penanganan korban tsunami Selat Sunda. “Kami sedang mengirimkan ambulans dari Jakarta ke Anyer, untuk membantu membawa korban dari sana, yang memerlukan penanganan kesehatan,” tutur Anies.

Anies mengklaim, sudah terus berkomunikasi dengan pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, untuk menyisir lokasi yang butuh bantuan. Pemprov DKI Jakarta, tidak menutup kemungkinan untuk membentuk Satuan Petugas (Satgas) kesehatan, apabila dibutuhkan di lokasi bencana.

Lihat juga...