Tumbang Lagi di Boxing Day, City Melorot ke Urutan Tiga

Editor: Makmun Hidayat

MANCHESTER – Dewi fortuna masih belum mau mendekati Manchester City. Setelah tumbang di kandang dari Crystal Palace tiga hari lalu, The Citizen kembali tumbang di King Power Stadium, homebase Leicester City pada laga boxing day, Kamis pagi.

Skuad asuhan Pep Guardiola sempat leading di menit 14 melalui Bernardo Silva sebelum Marc Albrighton mencetak gol penyeimbang hanya berselang lima menit kemudian. Ricardo Pereira membalikkan keadaan. Menit 81, gol Pereira membuat Leicester berbalik unggul 2-1.

Di tengah usaha mengejar ketinggalan, juara bertahan Liga Primer ini harus kehilangan satu pemain. Fabian Delph diganjar kartu merah oleh wasit Mike Dean pada menit 89 disusul kartu kuning yang diterima Sergio Aguero di akhir laga. Hasil minor ini membuat The Citizen gagal memangkas jarak dari Liverpool yang kian kokoh di puncak klasemen.

Liverpool memastikan diri menjadi juara paruh musim dengan koleksi 51 poin setelah berpesta ke gawang Newcastle United. Liverpool kini terpaut  tujuh poin dari Manchester City.

Tak hanya itu, kekalahan di King Powe Stadium membuat posisi The Citizen melorot ke urutan tiga klasemen. Urutan dua diambil alih Tottenham Hotspur yang berpesta ke gawang AFC Bournemouth. The Lilywhites menang dengan skor 5-0.

Christian Eriksesn membuka pesta The Lilywhites di menit 16.Heung-Min Son menggandakan keunggulan tim London Utara di menit 23. Lucas Moura membuat Tottenham unggul 3-0 di babak pertama melalui golnya di menit 35.

Usai jeda, Tottenham kembali menambah gol. Menit 61, Harry Kane membuat Tottenham menjauh dengan 4-0. Sembilan menit berikutnya Heung-Min Son mencetak gol kedua ke gawang Bournemouth sekaligus mengunci kemenangan Tottenham dengan skor 5-0.

Pada waktu yang sama, Liverpool juga berpesta ke gawang Newcastle United. Pesta The Reds dimulai di menit 11 saat Dejan Lovren mencetak gol pembuka. Gol kedua skuad asuhan Jurgen Klopp baru lahir melalui titik putih di menit 48. Mohamed Salah yang jadi eksekutor tanpa kesulitan memperdaya kiper Newcastle.

Menit 79, Xherdan Shaqiri menjauhkan Liverpool setelah mencetak gol ketiga. Fabinho kemudian menggenapi keunggulan Liverpool menjadi 4-0 pada menit 85.

Lihat juga...