UMKM di Kaltim Diminta Manfaatkan Teknologi Digital

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

158
Pj Sekretaris Provinsi Kaltim Dr Hj Meiliana. Foto: Ferry Cahyanti

BALIKPAPAN — Mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), pelaku usaha di Provinsi Kalimantan Timur diminta untuk memanfaatkan teknologi informasi berbasis digital. Hal tersebut dapat membantu dalam promosi maupun penjualan.

Hal itu diungkapkan Pejabat (Pj) Sekretaris Provinsi (Sekrpov) kaltim, Dr Hj Meilana dalam kegiatan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Digital di Samarinda.

“Pengembangan UMKM akan mendapat perhatian yang lebih serius, dan pelaksanaan kegiatan ekonomi kerakyatan berbasis teknologi dapat memberikan masukan dalam pengembangan usaha,” katanya, Selasa (4/12/2018).

Menurutnya, pembangunan dan pengembangan bidang UMKM menjadi salah satu prioritas dalam visi dan misi Kaltim 2018 – 2023, khususnya pada poin kedua, yaitu berdaulat dalam pemberdayaan ekonomi wilayah dan ekonomi kerakyatan yang berdaulat.

Dia menuturkan, dalam pengembangan UMKM diperlukan dukungan berbagai pihak termasuk Bank Indonesia maupun perbankan lainnya bukan hanya permodalan akan tetapi bidang lainnya seperti promosi dan pemasaran.

“Dengan kerja sama itu dapat membantu para pelaku UMKM dalan peningkatan produk yang dihasilkan,” terangnya.

Dengan kerja sama seluruh stakeholder maka produk yang dihasilkan berdampak pada peningkatan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat.

Pihaknya juga memberikan apresiasi kepada perbankan yang ada di Kaltim khususnya yang banyak memiliki program untuk pertumbuhan dan perkembangan UMKM seperti kegiatan mini university dan survey pengembangan.

“Kami juga mengapresiasi perbankan di kaltim yang telah memiliki program dalam membantu pengembangan UMKM,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan BI Kaltim H Muhammad Nur mengatakan, BI melalui program pengendalian inflasi “Sinergi Hulu Hilir Ekonomi Kerakyatan Berbasis Digital” mendukung Program Ekonomi Kerakyatan yang diluncurkan Pemerintah. Program Sinergi Hulu Hilir Ekonomi Kerakyatan Berbasis Digital khususnya kepada UMKM

“Kami juga mempunyai program mini university dan survey pengembangan UMKM, salah satunya fashion ulap doyo,” sebutnya.

Nur menambahkan program tersebut sangat baik untuk melatih para calon wirausahawan dan para wirausahawan pemula agar ke depan mampu menjelma manjadi pengusaha-pengusaha yang sukses di berbagai bidang.

“Tentu saja program ini untuk melatih para calon wirausahawan agar menjadi pengusaha sukses di berbagai bidang usaha,” pungkasnya.

Baca Juga
Lihat juga...