UMKM di Pontianak Diharapkan Lebih Gigih Kembangkan Usaha

PONTIANAK – PT ANTAM Tbk Unit Bisnis Pertambangan (UBP) Bauksit-Tayan dalam pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mengajak para pelaku di sekitar lokasi penambangan agar lebih antusias dan gigih dalam mengelola usaha.

GM UBP Bauksit, Purwanto di Pontianak, Minggu, mengatakan, untuk itu pihaknya menggelar seminar kewirausahaan dengan tema “Mengembangkan Antusiasme dan Kegigihan dalam mengembangkan UMKM”.

“Kegiatan ini kami berikan kepada mitra binaan yang telah mendapatkan dana pinjaman program kemitraan dari PT ANTAM Tbk UBP Bauksit untuk menjalankan usahanya agar lebih berhasil. Dan kegiatan ini merupakan pelaksanaan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) bidang Ekonomi PT ANTAM Tbk UBP Bauksit,” kata Purwanto.

Ia mengatakan, pada tahun 2018 ANTAM telah menyalurkan dana pinjaman bergulir kepada para mitra binaan dengan total sebesar Rp3.850.000.000. Semenjak menyalurkan dana pinjaman dari tahun 2015, telah disalurkan hampir 10 M kepada lebih dari 200 mitra binaan.

Menurutnya, untuk terus mencapai keberlanjutan dan meningkatkan motivasi usaha maka diadakanlah kegiatan seminar tersebut dengan mendatangkan Mind.Architect, Rully Mujahid. NF sebagai narasumber. Seminar itu diberikan untuk mitra binaan sesuai dengan status atau cara pengangsuran kembali dana pinjaman program kemitraan.

Treatment atau cara yang ANTAM berikan dalam kegiatan seminar pada kesempatan ini cukup berbeda, karena diberikan sesuai dengan kategori pengangsuran mitra binaan dari mulai kategori lancar, kurang lancar, macet hingga mitra binaan baru yang bertujuan memberikan penghargaan kepada mitra binaan yang lancar untuk lebih memotivasi mitra binaan yang kurang lancar.

“Bahkan kami juga dalam kegiatan ini memberi motivasi kepada mitra bina yang macet dalam mengembangkan usahanya sehingga akan berdampak pada cara pengembalian dana pinjaman program kemitraan tersebut kepada kami untuk nantinya disalurkan kembali,” katanya.

Lihat juga...