Wabup Bangka: Manfaatkan Lahan Kosong Jadi Kebun

SUNGAILIAT  – Wakil Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Shaybudin, mendorong masyarakat di daerahnya memanfaatkan lahan tidur atau lahan kosong untuk kegiatan perkebunan.

“Masih cukup luas lahan kosong yang hampir terdapat di setiap desa yang belum maksimal diolah untuk kegiatan pertanian,” katanya di Sungailiat, Minggu.

Lahan tidur atau lahan kosong kata dia, kalau dikelola dengan optimal dapat membantu meningkatkan ekonomi masyarakat karena pengembangan sektor pertanian perkebunan dapat dikerjakan secara terus menerus.

“Saya mendorong masyarakat agar memanfaatkan lahan tidur atau lahan kosong untuk ditanami sayuran maupun tanaman yang bermanfaat lainnya,” jelasnya.

Dia mengatakan, hasil sayuran atau buah-buahan yang ditanam di atas lahan kosong tidak hanya berdampak pada pemanfaatkan lahan namun juga meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat tersebut.

Melalui petugas penyuluh lapangan, ditekankan agar memberikan motivasi bagi masyarakat agar lebih giat lagi bercocok tanam.

“Jenis tanaman sayur-sayuran dengan jenis tertentu bahkan dapat ditanam di halaman sekitar rumah kita seperti, kangkung dan bayam,” ujaranya.

Begitu pula lahan bekas tambang biji timah, menurutnya dapat diolah dengan ditanami buah-buahan dengan jangka waktu beberapa tahun ke depan sudah dapat berbuah.

“Saya melihat, buah-buahan yang dijual oleh pedagang di pasar tidak semuanya pasokan dari petani setempat melainkan ada sejumlah jenis buah yang didatangkan dari luar daerah seperti, apel, anggur dan sejumlah jenis buah lainnya,” katanya.

Dia optimis, pengelolaan lahan dengan cara yang baik dan benar dapat membantu peningkatan ekonomi daerah setelah sektor perdagangan. (Ant)

Lihat juga...