Wabup Sleman Imbau Warga tak Khawatirkan Stok Sembako

Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun. –Dok: CDN

YOGYAKARTA – Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun, mengimbau masyarakat untuk tidak perlu khawatir dengan ketersediaan sembako pada liburan akhir tahun ini, karena persediaan mencukupi.

“Ketersediaan pasokan sembako dalam kondisi aman hingga akhir tahun nanti, termasuk beras,” kata Sri Muslimatun, saat memantau harga sembako di Pasar Gamping, Jumat (21/12/2018).

Menurut dia, dengan persediaan yang mencukupi tersebut, diharapkan harga sembako tetap terjaga stabil. “Jadi tidak perlu melakukan aksi borong, yang dapat memicu kenaikan harga,” katanya.

Dari hasil pantauan harga tersebut, memang dijumpai beberapa harga sembako mulai naik. Namun Wakil Bupati Sleman, mengatakan bahwa kenaikan harga masih terbilang wajar. “Salah satu yang menunjukkan kenaikan harga adalah ikan,” katanya.

Ia mengatakan, kenaikan harga ikan dipicu oleh faktor cuaca yang menyebabkan ikan lebih susah didapat.

“Tapi kenaikan harga ikan ini bukan dipicu musim liburan ini. Tapi dikarenakan musim. Karena ombak juga besar. sehingga ikan relatif agak naik harganya,” katanya.

Pada pantauan harga tersebut, juga diikuti oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) DIY.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi BPOM DIY, Diah Tjahjonowati, mengatakan, bahwa pihaknya mengambil sembilan sampel makanan yang diperiksa, apakah mengandung bahan berbahaya atau tidak.

“Hasilnya negatif. Saya harap para penjual berkomitmen untuk menjual makanan yang aman untuk dikonsumsi,” katanya.

Ia mengatakan, pemerintah juga harus selalu melakukan komunikasi dan mengawasi makanan di pasar. “Selain itu konsumen juga harus cerdas, hati-hati dalam membeli,” katanya. (Ant)

Lihat juga...