Warga Belitung Timur Terima Gratis 28.765 Paket Elpiji

MANGGAR  – Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menerima sebanyak 28.765 paket elpiji 3 kilogram dari PT Pertamina untuk dibagikan kepada warga yang membutuhkan di daerah setempat.

“Paket yang kami terima ini adalah tabung gas beserta isi, kompor gas, regulator, dan selang karet,” kata Asisten Pemkab Belitung Timur, Khaidir Lutfi di Manggar, Jumat.

Ia menjelaskan, sebanyak 28.765 paket elpiji itu dibagikan kepada calon penerima yang tersebar pada seluruh kecamatan melalui pemerintah kecamatan.

“Ini merupakan program pemerintah yang merupakan konversi minyak tanah ke migas yang sudah lama diterapkan, termasuk di Belitung Timur,” ujarnya.

Ia meminta camat untuk membantu mendistribusikan kepada warga penerima melalui desa karena data calon penerima tentu ada di pemerintahan desa.

“Program konversi ini merupakan kebijakan pemerintah yang sangat tepat untuk meningkatkan penghematan subsidi BBM melalui pengurangan penggunaan minyak tanah sehingga meringankan beban keuangan negara,” ujarnya.

Ia mengatakan, pemerintah daerah menyosialisasikan secara intensif kepada masyarakat tentang manfaat konversi minyak tanah ke LPG dan diikuti penyuluhan secara menyeluruh mengenai bagaimana cara menggunakan dengan benar sehingga memperkecil risiko kebakaran dan ledakan.

“Sebanyak 28.765 paket elpiji itu dibagikan secara gratis kepada masyarakat tanpa dipungut biaya apa pun karena sudah bagian tanggungan negara,” ujarnya. (Ant)

Lihat juga...