Warga Ternate Antisipasi Banjir Lahar Hujan Gunung Gamalama

TERNATE  – Warga Kota Ternate, Maluku Utara, yang bermukim di bantaran kali bersiaga guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya banjir lahar hujan dari Gunung Gamalama. Menyusul tingginya curah hujan di daerah tersebut saat ini.

“Setiap turun hujan dengan intensitas lebat, kami sekeluarga selalu siaga dengan terus memperhatikan kondisi permukaan air di kali,” kata salah seorang warga yang rumahnya di bantaran Kali Tubo, Ternate Utara, Ruslan, Minggu.

Kali Tubo salah satu alur aliran lahar hujan Gunung Gamalama di Ternate yang saat banjir lahar hujan pada 2012 mengakibatkan belasan warga setempat tewas terbawa bencana alam itu.

Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ternate telah membekali mereka dengan pengetahuan mitigasi bencana sehingga sudah paham apa yang harus dilakukan jika terjadi banjir lahar hujan.

Langkah yang harus dilakukan saat terjadi banjir lahar hujan adalah mengungsi ke tempat aman yang sudah disiapkan dengan membawa berbagai dokumen penting, seperti ijazah dan surat-surat lainnya sambil menunggu bantuan evakuasi ke tempat penampungan.

Lihat juga...