Warung Cerdas Damandiri Desa Trirenggo Layani BPNT

Editor: Koko Triarko

235

YOGYAKARTA – Koperasi Unit Desa (KUD) Gemah Ripah Desa Trirenggo, Bantul, bertekad memenuhi kebutuhan beras warga secara mandiri, dengan memanfaatkan hasil panen para petani. 

Terlebih, saat ini salah satu unit usaha KUD Gemah Ripah Trirenggo, yakni Warung Cerdas Damandiri, telah berevolusi menjadi e-warong, dan melayani penyaluran Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) yang merupakan program pemerintah bagi warga kurang mampu.

Ketua KUD Gemah Ripah Desa Trirenggo, H Ambyah, sekaligus pengelola Warung Cerdas Damandiri, mengatakan, sejak akhir 2018 ini, pihaknya telah melayani penyaluran BPNT bagi warga pemegang kartu di Desa Trirenggo. Ada 550 warga penerima manfaat yang terlayani Warung Cerdas Damandiri.

“Sejak Agustus kemarin, kita sudah melayani penyaluran BPNT. Setiap bulan, kita menyalurkan sedikitnya 5,5 ton beras dan 4 kwintal telur,” ujarnya, kepada Cendananews, belum lama ini.

Dengan menyalurkan program BPNT, maka Warung Cerdas Damandiri mendapatkan penambahan omzet hingga mencapai Rp60 juta lebih setiap bulan. Jumlah itu dihitung dari nominal atau besaran bantuan senilai Rp110.000 per penerima manfaat, dengan jumlah penerima manfaat 550 keluarga.

“Selain memberikan tambahan keuntungan bagi warung, adanya layanan BPNT ini juga menjadi tantangan bagi kita untuk bisa memenuhi kebutuhan beras. Kita ingin, ke depan semua kebutuhan beras untuk BPNT di Warung Cerdas Damandiri dipasok dari beras hasil produksi petani Trirenggo,” ungkapnya.

Ide tersebut muncul, karena melihat potensi produksi beras di Desa Trirenggo yang cukup besar, mengingat mayoritas warga desa merupakan petani.

Desa Trirenggo juga telah mampu memproduksi benih beras sendiri, melalui Gabungan Kelompok Tani yang ada. Apalagi, Ketua KUD Gemah Ripah sendiri juga menjabat sebagai Ketua Gapoktan Trirenggo.

“Saat ini, Desa Trirenggo sudah mampu memproduksi beras mencapai kurang lebih 4 ton per hektare. Dengan lahan mencapai 200 hektare, tentu ini bukan sebuah hal yang mustahil. Karena itu, kita akan dorong petani meningkatkan produksi beras dan memasarkannya melalui KUD, untuk kita suplai ke Warung Cerdas Damandiri. Akan saya mulai dari lahan milik saya sendiri,” katanya.

Pendirian Warung Cerdas Damandiri sebagai salah satu unit usaha KUD Gemah Ripah, merupakan bagian program Desa Mandiri Lestari di Desa Trirenggo. Program ini digagas oleh Yayasan Damandiri sejak 2017, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan mempercepat pengentasan kemiskinan di desa setempat.

Baca Juga
Lihat juga...