Waspadai Gelombang Tinggi di Perairan Sumba

BMKG - Dok: CDN

KUPANG – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), mengingatkan nelayan dan operator pelayaran untuk mewaspadai potensi gelombang tinggi di wilayah perairan Pulau Sumba.

Dalam peringatan dini cuaca, BMKG Kupang juga mengingatkan potensi gelombang tinggi di perairan laut Nusa Tenggara Timur bagian Selatan hingga bagian Barat wilayah itu.

Menurut laporan BMKG, gelombang setinggi 2,5 meter berpotensi terjadi di perairan laut Selat Sumba bagian Barat, perairan selatan Pulau Sumba dan Samudera Hindia Selatan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sementara gelombang setinggi dua meter berpotensi terjadi di Selat Sape bagian Selatan, Laut Sawu, perairan Selatan Kupang hingga Pulau Rote dan laut Timor Selatan NTT.

BMKG juga memprediksi, posisi angin bertiup di wilayah Provinsi NTT, yakni dari arah selatan hingga ke arah Barat dengan kecepatan angin bertiup sejauh 20 hingga 40 km per jam.

Sementata itu, cuaca yang akan terjadi pada siang hingga sore hari di seluruh wilayah Provinsi NTT, yakni berawan dan berpotensi terjadi hujan lokal dan hujan ringan.

Pada malam hari, cuaca diprediksi cerah berawan hingga berawan. Berpotensi hujan ringan hingga hujan lokal di Waibakul, Maumere, Larantuka, Lewoleba dan Kalabahi.

BMKG juga memprediksi, suhu udara yang akan terjadi di seluruh wilayah Provinsi NTT berada pada kisaran 19 hingga 33 derajat celcius.

Untuk suhu udara di Kota Ruteng dan Bajawa, berada pada titik terendah. Suhu udara pada dua kota itu berada pada kisaran 17 hingga 26 derajat celcius.

Terkait dengan tingkat kelembapan udara yang diprediksi oleh BMKG, kondisi kelembaban udara di seluruh wilayah Provinsi NTT pada hari ini berada pada kisaran 60 hingga 95 persen.

Perkiraan cuaca BMKG Provinsi NTT tersebut mulai berlaku pada, Rabu (26/12) pukul 07:00 WITA hingga Kamis (27/12) pukul 07:00 WITA. (Ant)

Lihat juga...